ADVERTISEMENT

Usai Aksi Makan Pisang Rp 1,68 M, Begini Kelakar Senimannya

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 12 Des 2019 13:39 WIB
Foto: BBC/ Istimewa
Jakarta - Seniman David Datuna memakan karya seni pisang senilai Rp 1,68 miliar di Art Basel Miami. Setelah membuat fenomena di dunia seni internasional, bagaimana kata Datuna merespons karya seni pisang 'The Comedian' tersebut?

"Maurizio Cattelan mengalahkan Andy Warhol. Mungkin saya seharusnya membawa (pisang) ke level lain. Saya mulai berpikir, apa yang bisa saya lakukan dengan pisang ini? Bagaimana saya bisa membawanya ke level lain?" ungkapnya dilansir dari Guardian, Kamis (12/12/2019).

Datuna pun mulai memikirkan cara penuh humor. "Jadi saya memakan pisangnya. Itu adalah sesuatu yang punya makna lebih dalam," kelakarnya.



Performance artist asal New York itu mengisahkan kelakukannya seperti Picasso dan Modigliani. Kekasih Modigliani memberikan Picasso beberapa karya seni lalu mereka mengadakan pameran kelompok.

Tapi yang jadi masalah adalah Picasso melukis karya seni di atas karya Modigliani. "Potongan karya itu bisa Anda kenali sebagai Modigliani tapi itu adalah karya Picasso," tuturnya.

"Itu adalah hal yang sama dan yang terjadi sekarang tapi dalam sebuah konsep performance art," pungkasnya.

Karya seni pisang berjudul 'The Comedian' menjadi instalasi paling menghebohkan dan viral di jagat seni internasional. Tapi pekan lalu, pengunjung Art Basel Miami dikagetkan oleh ulah seorang seniman bernama David Datuna.

Ia memakan pisang di hadapan pengunjung dan menyebutnya sebagai pertunjukan 'Seniman yang Kelaparan'. Galeri seni Perrotin pun memanggil petugas keamanan untuk mengamankan Datuna.



[Gambas:Instagram]



Simak Video "Ketika Karya Seni Berpadu dengan Kecanggihan Teknologi"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT