detikHot

art

Mahfud Md Buka Pameran Seni Butet Kartaredjasa dan Widiyatno

Kamis, 21 Nov 2019 21:32 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Butet Kartaredjasa (Tia Agnes/detikcom)
Jakarta - Pameran seni 'Lanskap Luar Dalam' yang menampilkan puluhan karya cat air Butet Kartaredjasa dan Widiyatno dibuka malam ini. Menko Polhukam Mahfud MD membuka eksibisi yang digelar di Tugu Kunstkring Paleis, kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Pameran yang digelar bertepatan dengan hari ulang tahun yang ke-58 tahun itu punya makna yang mendalam bagi mendalam. Mahfud MD sebagai sahabat karib Butet turut mengapresiasi karya-karya seniman yang tinggal di Yogyakarta tersebut.

"Mudah-mudahan panjang umur dan terus berkarya menyegarkan hati dan pikiran rakyat Indonesia dengan talentanya yang cukup luar biasa," tutur Mahfud dalam sambutannya, Kamis (21/11/2019).



Meski Mahfud tidak terlalu tahu seni lukis, namun ia percaya setiap karya yang dihasilkan Butet dan Widiyatno punya pesan dan makna yang mendalam.

"Memandang itu kadang kala ada sentuhan-sentuhan tersendiri di hati yang menyejukkan atau kadang kala ya memberi pesan," ucapnya.

Lebih dari 70 karya cat air Butet yang dikuratori Suwarno Wisetrotomo dipamerkan. Lewat pameran seni bertajuk 'Lanskap Luar Dalam', keduanya berbicara perbedaan cara pandang dalam menciptakan suatu karya.

Lanskap luar menghadirkan karya-karya Widiyatno dan lanskap dalam merupakan karya Butet yang memakai simbol dalam merespons yang terjadi di sekitarnya. Pameran berlangsung hingga 21 Desember 2019.





Simak Video "November Ini, Butet Kartaredjasa Gelar Pameran Seni Rupa di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com