Butet Kartaredjasa: Melukis Seperti Terapi Kesehatan

Monica Arum - detikHot
Senin, 18 Nov 2019 20:00 WIB
Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Bagi Butet Kartaredjasa, melukis tak sekadar menggambar. Tapi menjadi terapi kesehatan yang baik bagi aktor yang melanglang buana di panggung teater dan layar lebar itu.

Pada 21 November, Butet Kartaredjasa dan perupa Widiyatno segera membuka pameran kolektif yang digelar di Tugu Kunstkring Paleis, kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Ditemui saat jumpa pers pameran seni keduanya, Butet menuturkan mengenai melukis sebagai terapi kesehatan.

"Di rumah itu terapi kesehatan saya melukis dengan cat air, selain saya melukis dengan keramik," tutur Butet di kawasan Hayam Wuruk, Jakarta Barat, Senin (18/11/2019).

Menurut Butet, kolaborasi kedua seniman yang menggunakan medium cat air sudah berlangsung lama. Ketika karya sudah terkumpul banyak, mereka pun menyeleksinya.


Butet Kartaredjasa: Melukis Seperti Terapi KesehatanFoto: Monica Arum/ detikcom


"Tinggal dipilih saja, dikurasi untuk ditampilkan ke masyarakat. Ini pameran semacam terapi kesehatan, sekarang lagi musim seniman pada mati. Kemarin adik saya, ini biar semakin sehat. Ya sudah, akhirnya pameran terlaksana," lanjut Butet.

Lewat pameran seni bertajuk 'Lanskap Luar Dalam', keduanya berbicara perbedaan cara pandang dalam menciptakan suatu karya. Lanskap luar menghadirkan karya-karya Widiyatno dan lanskap dalam merupakan karya Butet yang memakai simbol dalam merespons yang terjadi di sekitarnya.

Lebih dari 70 karya cat air bakal dipamerkan. Pameran yang dikuratori Suwarno Wisetrotomo dipamerkan bertepatan dengan hari ulang tahun Butet yang ke-58 tahun. Pameran bersama sahabatnya pun menjadi hadiah bagi sang seniman.

Pameran bakal dibuka pada Kamis (21/11/2019) di Tugu Kunstkring Paleis, kawasan Menteng, Jakarta Pusat dan berlangsung selama sebulan hingga 21 Desember 2019.



Simak Video "November Ini, Butet Kartaredjasa Gelar Pameran Seni Rupa di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)