detikHot

art

Dengar Suara Kejujuran, Pesan Pentas Teater Koma 'J.J Sampah-Sampah Kota'

Minggu, 10 Nov 2019 14:40 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Istimewa/Teater Koma Foto: Istimewa/Teater Koma
Jakarta - Pertunjukan Teater Koma yang berjudul 'J.J Sampah-Sampah Kota' bakal digelar sampai 17 November 2019 di Graha Bhakti Budaya, kompleks TIM, Jakarta Pusat. Berlangsung selama 10 hari, produksi ke-159 ini punya pesan mendalam bagi penonton.

Selama 3 jam lamanya, penonton akan melihat perjuangan Jian dan Juhro yang merupakan warga kolong jembatan terhimpit oleh kondisi sosial ekonomi. Keduanya harus berjuang di kejamnya kota.

Di akhir cerita, tak ada penyelesaian dari lakon tersebut. Setiap karakter tetap pada 'kekacauan' masing-masing.

"Buat penonton, mungkin lebih kepada kita seharusnya berusaha keluar dari kekacauan, jangan jadi bagian dari kekacauan," tutur sutradara Teater Koma, Rangga Riantiarno.



Dia kembali melanjutkan, "Kita dengarkan suara Juhro. Kita cari lagi kejujuran apa masih ada di diri kita. Kita ternyata cuma jadi mainan penguasa aja. Ya, chaos-chaos saja pada akhirnya."

Setelah 40 tahun berlalu, lakon yang perdana dipentaskan pada 1979 ini dianggap Rangga masih relevan dengan masa sekarang.

"Saya merasa kisah yang disajikan dalam lakon ini tidak lekang oleh waktu. Kondisi kini tidak sama seperti dulu, tapi tetap ada hal-hal yang tidak berubah. Akan selalu ada orang-orang jujur dan orang-orang yang korup. Mungkin, kekuasaan dan kejujuran tidak akan pernah bisa sejalan," pungkasnya





Simak Video "Kesaksian Pihak RS Bikin Kriss Hatta Yakin Kasusnya Direkayasa"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/kmb)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com