detikHot

art

5 Warisan Terindah WS Rendra Buat Anak Muda

Selasa, 05 Nov 2019 20:15 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Edi Wahyono Foto: Edi Wahyono
Jakarta - Pertunjukan mahakarya mendiang WS Rendra 'Panembahan Reso' segera digelar pada 25-26 Januari 2020 di Ciputra Artpreneur Theatre, Jakarta. Pentas yang membangkitkan lagi karya epik dari sang sastrawan itu akan mengenang sosoknya.

Sutradara film Garin Nugroho menyebut sosok WS Rendra sebagai 'buruk merak' yang bebas. Karya-karya WS Rendra pun tak lekang oleh waktu.



"Karya (Panembahan Reso) ini paling penting ada di setiap periode manapun, cara-cara mencari kekuasaan harus dilawan dengan spirit WS Rendra. Karya ini menjadi penting," tutur Garin usai jumpa pers di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Menurut Garin, sosok pendiri Bengkel Teater Rendra dinilai sebagai orang penting di dunia seni budaya Indonesia.

"Dalam tubuh Rendra, ada yang disebut dengan burung merak yang ada keanggunan ya, tapi keanggunan dia disertai kebebasan, keinginan, dan kebebasan yang disertai pengetahuan. Keterampilan dan rasa kemanusiaan dari 5 ini, menurut saya kalau dimiliki anak muda menjadi hal yang paling indah dalam warisan Rendra," lanjut Garin.

Generasi muda, lanjut Garin, harus belajar dari sosok WS Rendra. "Mewarisi Rendra adalah mewarisi spirit untuk menggugat kekuasaan, otak busuk kekuasaan yang penuh 'bergincu'," tukasnya.






Simak Video "Garin Nugroho Bicara Peran Penting WS Rendra di Era Media Sosial"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com