Pentas 'Sang Sukrasana' Peringati Hari Wayang Nasional 2019

Pingkan Anggraini - detikHot
Kamis, 31 Okt 2019 19:46 WIB
1.

Pentas 'Sang Sukrasana' Peringati Hari Wayang Nasional 2019

Pentas Sang Sukrasana Peringati Hari Wayang Nasional 2019
Foto: Pingkan/ detikHOT
Jakarta - 'Sang Sukrasana' dipilih menjadi tema pagelaran untuk memperingati Hari Wayang Nasional. Pemilihan Sukrasana sebagai tema dari pagelaran wayang orang lahir dari rasa sedih Jaya Suprana terhadap isu Indonesia saat ini.

"Berasal dari rasa sedih saya rakyat dalam pemilu dipuja dan di rayu, seolah-olah menimbulkan keresahan. Ketika pemilu selesai, rakyat akan dilupakan. Di sini menimbulkan rasa sedih saya," ujar Jaya Suprana saat jumpa pers di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (31/10/2019).

Keinginan untuk mengangkat hak dan martabat rakyat menjadi dasar dari cerita Sukrasana yang diperankan oleh aktor Lukman Sardi ini.



"Keinginan saya Insyaallah pagelaran ini akan mengangkat harkat dan martabat rakyat dimana rakyat adalah sukma. Tanpa ada rakyat nggak ada negara dan bangsa. Tanpa ada penguasa ada rakyat. Tanpa rakyat penguasa tidak ada," tegas Jaya lagi.

"Sang Sukrasana memang sederhana dan kumuh, tapi saktinya luar biasa. Nggak ada yang bisa mengalahkan Sukrasana," lanjutnya.