detikHot

art

Ditulis 1978, Lakon Teater Koma 'J.J Sampah-sampah Kota' Kritik Siapa?

Selasa, 29 Okt 2019 17:27 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes Foto: Tia Agnes
Jakarta - Pementasan ke-159 Teater Koma yang berjudul 'J.J Sampah-sampah Kota' kembali dipentaskan awal November 2019. Lakon yang ditulis Nano Riantiarno masih relevan tahun ini.

Tapi pertunjukan tersebut mengkritik siapa sih?

Menurut pendiri Teater Koma sekaligus penulis naskah Nano Riantiarno, lakon tersebut tidak mengkritik sosok, rezim, maupun pihak tertentu. Di tahun 1978, Teater Koma mengkritik pemerintahan Orde Baru.

"Trus sekarang apa sih yang harus dikritik. Minimal ada 3 bagian. Pertama, sesuatu yang kadang-kadang tidak ada tapi ada. Dia yang memerintah kita. Kalau di lakon, Mandor Kepala. Tidak ada orangnya tapi akhirnya dia memerintah kita atau disebut bagian paling atas," kata Nano.

Kritikan kedua adalah bagian paling bawah, dan ketiga realisme 1969 yang menjadi latar dari pertunjukan. "Kalau nanti nonton, sebenarnya saya tidak menyebut latarnya di Jakarta. Ada banyangan kita tentang Jakarta dan ini kelanjutan dari cerita itu," lanjutnya.




Karakter-karakter yang ada di dalam lakon 'J.J Sampah-sampah Kota' menggabungkan antara kalangan atas, tengah, dan bawah yang diwakili oleh Juhro dan Jian. Nano pun menegaskan lakon ini berbicara soal kejujuran.

"Kita bicara soal kejujuran, ketika dikasih uang mau diapakan. Kejujuran dari orang-orang yang korup. Bagian itu yang penting untuk dicermati. Mudah-mudaham lakon ini menjadi pembelajaran untuk hidup sekarang ini," tukasnya.

Produksi ke-159 Teater Koma dengan lakon J.J Sampah-Sampah Kota akan dipentaskan di Graha Bhakti Budaya, Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki setiap hari, 8 - 17 November 2019, pukul 19.30 WIB kecuali hari Minggu, 10 dan 17 November 2019, pukul 13.30 WIB.




Simak Video "Manfaatkan Teknologi, Cara 'Teater Koma' Tetap Eksis"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com