detikHot

art

Wow! Temukan Lukisan di Dapur, Perempuan Prancis Ini Jadi Miliarder

Senin, 28 Okt 2019 11:39 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sebuah lukisan yang lama hilang karya seniman Italia Cimabue ditemukan di sebuah dapur milik perempuan tua Prancis. Lukisan abad ke-13 itu dijual di balai lelang senilai Rp 373 juta dan membuat perempuan itu kaya raya.

Dilansir BBC, Senin (28/10/2019), Acteon Auction House mengatakan, lukisannya dibeli oleh kolektor anonim dari Prancis utara. Itu adalah rekor dunia baru untuk lukisan abad pertengahan yang dijual di lelang.

"Ketika karya unik seorang pelukis langka seperti pelukis Cimabue datang di balai lelang, Anda harus siap untuk kejutan," kata juru bicara lelang, Dominique Le Coent.



Selama bertahun-tahun, lukisan digantung di dapur di kota Compiegne, Prancis. Lukisan yang diprediksi dicuri Nazi itu akhirnya diteliti oleh seorang ahli seni.

Perempuan tua pemilik lukisan hanya percaya lukisannya merupakan ikon agama tua dengan nilai yang kecil. Lukisannya hanya berukuran 20 x 26 cm, kemungkinan dilukis di tahun 1280 dan menggambarkan hasrat dan penyaliban Kristus.

Lukisan Cimabue sebagian besar dipengaruhi oleh seni Bizantium. Serta diproduksi pada panel kayu poplar dengan latar belakang cat emas.




Simak Video "Cakep! Daun Jati Bisa Dimanfaatkan Jadi Media Lukis"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com