detikHot

art

Antusiasnya Ribuan Seniman Kirim Karya ke Kompetisi Seni Lukis

Kamis, 17 Okt 2019 20:20 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: UOB Patinting of the Year (Tia Agnes/detikcom) Foto: UOB Patinting of the Year (Tia Agnes/detikcom)
Jakarta - Kompetisi seni lukis tahunan UOB bakal mengumumkan para pemenang terbaik di kategori seniman profesional dan pendatang baru. Acara penganugerahan diumumkan malam ini di Museum Nasional Indonesia, Jakarta Pusat.

Tim dewan juri, Agung Hujatnika, mengatakan proses kompetisi seni tahun ini bertahap. Dari ribuan yang masuk, ada 50 karya seni masuk ke final.

"Kami menyeleksi sekitar 50 karya dan meminta para seniman mengirimkan karya aslinya untuk dikirim ke Jakarta," kata Agung saat jumpa pers di Museum Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2019).

Dalam menyeleksi, Agung tak sendirian. Ada tim juri lainnya seperti Nirwan Dewanto dan Arahmaiani. Dari karya-karya yang masuk, lanjut Agung, ada banyak kecenderungan praktik seni lukis di Indonesia.

"Karya yang masuk final dan diterima bukan hanya cat di atas kertas. Ada karya gambar, cetak, bahkan di Singapura karya tekstil diterima di kompetisi ini," lanjutnya.



Agung pun menambahkan karya 8 terbaik dari dua kategori peduli terhadap aspek representasi. "Kami melihat mereka yang terpilih 8 terbaik mewakili pesan atau narasi. Narasi itu adalah hal yang paling mendesak di sini, misal masalah lingkungan, gender, dan lain-lain," lanjutnya.

Nantinya pemenang kompetisi seni lukis di setiap negara akan ditandingkan di tingkat regional Asia Tenggara. Serta melawan para pemenang dari Singapura, Malaysia, dan Thailand.






Simak Video "Gracia Indri Kenang Kebersamaannya dengan Cecep Reza"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com