detikHot

art

Rupa-rupa 'Wajah Indonesia' di Pekan Kebudayaan Nasional

Jumat, 11 Okt 2019 15:16 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: GNI/ Istimewa Foto: GNI/ Istimewa
Jakarta - Pekan Kebudayaan Nasional juga memajang pameran seni rupa 'Wajah Indonesia'. Ada rupa-rupa wajah Indonesia yang diterjemahkan ke dalam 41 karya seni berupa lukisan, keramik, dan drawing kreasi 41 perupa.

Kurator pameran, Sudjud Dartanto, menuturkan karya-karya yang ditampilkan fokus pada obyek wajah sesuai dengan semangat Pekan Kebudayaan Nasional 2019.

"'Wajah Indonesia' dimaksudkan untuk membuka apresiasi atas keragaman ekspresi dari para seniman, serta mengenali berbagai tafsir wajah manusia Indonesia secara lebih personal," tuturnya dalam siaran pers yang diterima detikcom.


Rupa-rupa 'Wajah Indonesia' di Pekan Kebudayaan NasionalFoto: GNI/ Istimewa


Dalam ranah seni rupa, penggambaran wajah atau potrait mengalami puncak realisme di era revolusi fisik. Ketika nama Indonesia masih Hindia Belanda, citra wajah diartikan sebagai 'molek'.

"Melalui wajah dalam bahasa rupa, kita akan mendapat pengetahuan tentang berbagai gagasan penggambaran wajah. Selain itu kita juga dapat ikut merasakan ekspresi yang ditimbulkan oleh para perupanya dengan lebih personal," lanjutnya.

Ruang pamer bagi pameran seni rupa 'Wajah Indonesia' di Ruang Anggrek I, kawasan Istora Senayan, kompleks GBK, Jakarta. Bagi pengunjung yang ingin menikmati karya para seniman bisa menyambangi sampai akhir pekan ini.



Simak Video "Jelajahi 'Jejak Karya Pramoedya Ananta Toer' Lewat Pameran Seni"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com