detikHot

art

Rose Pandanwangi Terharu Terima Anugerah Kebudayaan 2019

Jumat, 11 Okt 2019 10:20 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/ detikHOT Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Rosalina Poppeck atau dikenal Rose Pandanwangi salah satu seniman yang menerima Anugerah Kebudayaan 2019. Dia adalah penyanyi seriosa sekaligus istri pelukis, S Sudjojono.

Nama Rose Pandanwangi masuk ke dalam salah satu kategori pencipta, pelopor, dan pembaru dalam Anugerah Kebudayaan 2019. Ditemani dengan anak dan cucu-cucunya, Rose menerima penghargaan dari Kemendikbud sekaligus menyanyikan lagu 'Indonesia Pusaka' di atas panggung.

Rose yang juga seorang diva seriosa Tanah Air kini berusia 90 tahun. Sudah puluhan tahun lamanya, ia berkecimpung dalam dunia tarik suara khususnya seriosa.



Usai menerima penghargaan, Maya Sudjojono, menuturkan ibunya terharu mendapat apresiasi dari pemerintah. "Mama bilang terharu tapi juga sedih karena tak ada lagi penerus generasi muda seriosa setelah dirinya," tutur Maya ketika diwawancarai detikcom.

Penghargaan pun baru didapatkan Rose setelah ia menginjak usia senja. Lewat penuturan Maya, Rose Pandanwangi pernah berkata dan berharap ada penyanyi seriosa generasi muda setelah dirinya yang dikenal sampai mendunia.

"Mama kan sudah menyanyi seriosa sejak masih di Belanda, pas ke Indonesia dan menikah dengan Bapak, masih menyanyi, dan mengajar. Mama sih berharapnya akan ada terus generasi muda seriosa yang dikenal ke banyak negara," tutur Maya.

Di jajaran kategori Pencipta, Pelopor, dan Pembaru di Anugerah Kebudayaan 2019 ada sejumlah nama lainnya. Yakni Ade Darmawan, Restu Imansari Kusumaningrum, Martinus Miroto, Wiwiek Widyastuti, Purwa Tjaraka, Amrus Natalsya, Aryanto Yuniawan, dan Jemek Supardi.



Simak Video "Akui Masih Idap Bipolar, Marshanda: Ini Tetap Anugerah Tuhan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com