detikHot

art

Lukisan Termahal Banksy Rp 172 M Ludes Terjual Hanya 13 Menit

Jumat, 04 Okt 2019 11:17 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Lukisan 'Devolved Parliament' menjadi karya termahal seniman Banksy yang sukses terjual di balai lelang. Uniknya karya tersebut ludes dibeli kolektor ketika proses lelang baru berlangsung 13 menit.

Balai Lelang Sotheby London melaporkan mengenai proses lelang lukisan tersebut. Dalam pernyataannya, Sotheby menuturkan Banksy punya daya tarik tersendiri yang dicari kolektor-kolektor.

"Setelah penawaran yang berlangsung 13 menit, lukisan yang dibuat tahun 2009 dari koleksi pribadi ludes terjual dan disambut tepuk tangan meriah dengan harga ketok palu senilai Rp 148 miliar, ditambah dengan pajak dan harga pengiriman lebih dari Rp 172 miliar," tulis Sotheby, seperti dilihat detikcom.



Mendengar harga fantastis untuk pelelangan karyanya, Bansky pun mengunggah kutipan perkataan kritikus seni Hughes.

"... Harga sebuah karya seni sekarang menjadi bagian drai fungsinya, tugas barunya adalah duduk di dinding dan menjadi mahal. Alih-alih menjadi milik umum, umat manusia seperti buku, seni menjadi milik khusus seseorang yang mampu membelinya," tulis Banksy.

Sebelumnya seniman kelahiran Bristol itu pernah menghebohkan publik dengan lukisan 'Girl with Balloon' yang terjual Rp 20 miliar. Saat lelang berakhir, kanvasnya tiba-tiba saja turun dan terpotong oleh mesin penghancur kertas sampai setengah bagian.



[Gambas:Instagram]




Simak Video "Mural Brexit Karya Banksy Viral di Sosial Media"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com