detikHot

art

Ruh Pancasila di Hari Batik Nasional

Rabu, 02 Okt 2019 16:08 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Karya Adalah Doa/ Istimewa Foto: Karya Adalah Doa/ Istimewa
Jakarta - Hari Batik Nasional dirayakan setiap tanggal 2 Oktober. Karya Adalah Doa pun tak mau ketinggalan memberikan makna di hari bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Lewat unggahan terbaru, Karya Adalah Doa membagikan ilustrasi tangan seseorang sedang membatik. Dalam lembaran kain batik tersebut, terdapat ruh Pancasila yang sedang digoreskan.

"Goresan lembut canting di atas kain halus merangkai titik dan garis-garis cantik seraya mencipta wimba cerminan Nusantara," tulis Karya Adalah Doa, seperti dilihat detikcom, Rabu (2/10/2019).



"Batik ada sejak lama, ia mengejawantahkan pola-pola dalam jiwa dan karsa insan Nusantara yang kemudian bersatu. Ragam kearifan bangsa ini diolah menjadi energi dan ditorehkan menjadi suatu karya seni. Batik ialah identitas, merefleksikan kelembutan dan citarasa bangsa ini,' tulisnya lagi.

Unggahan yang baru saja diupload itu mendapatkan ratusan likes. Seperti diketahui, Pancasila menjadi ideologi dasar dari bangsa Indonesia. Ada 5 dasar ketetapan Pancasila yang disahkan MPR pada 1978 silam dan Karya Adalah Doa menggunakan simbol dari 5 sila tersebut.

Sila tersebut adalah Ketuhanan yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyataan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

[Gambas:Instagram]




Simak Video "Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Asyik Membatik di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com