detikHot

art

Lelang Lukisan Banksy Bakal Hebohkan Publik Seperti 'Girl with Balloon'?

Senin, 30 Sep 2019 10:30 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banksy pernah membuat heboh dengan kehadiran lukisan 'Girl with Balloon' tahun lalu. Saat selesai dilelang, lukisannya dicabik-cabik oleh mesin pemotong kertas dan menjadi 'Love is in the Bin' dengan nilai Rp 20 miliar.

Kini Banksy bakal melelang lukisan berukuran raksasa berjudul 'Devolved Parliament' atau 'Parlemen yang Didevolusikan'. Banyak netizen menanti-nanti apakah ada aksi Banksy lainnya yang menghebohkan di Balai Lelang Sotheby London.

"Ada banyak komentar soal itu (aksi Banksy), pasti itu," ujar Kepala Seni Kontemporer Sotheby, Alex Branczik, dilansir dari Reuters, Senin (30/9/2019).



Setahun setelah aksi Banksy yang menghebohkan dan membuat kaget pengunjung Sotheby, pihak rumah lelang menegaskan tak akan ada mesin pemotong kertas di balik kanvas. "Saya bisa pastikan tidak ada apa-apa dalam bingkai," katanya.

Lukisan primata yang duduk di parlemen Inggris itu bakal dijual pada 3 Oktober 2019. Karyanya ditaksir dilelang dengan harga Rp 35,1 miliar dan dianggap menjadi salah satu karya termahal Banksy.

Banksy dianggap sukses menggambarkan tingkat kekacauan politik Inggris yang belum pernah terjadi sebelumnya. Bahkan sosok Banksy menjadi ahli polemik satir di era sekarang.



Simak Video "Lukisan Berbahan Kantong Plastik, Solusi GoGreen nan Kreatif"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com