detikHot

art

Mosaik Damai ala Teater Mandiri

Jumat, 27 Sep 2019 17:35 WIB Tia Agnes - detikHot
1 Lakon 'Peace' Sentil Kondisi Indonesia
Halaman 2 dari 2
Foto: Tia Agnes/ detikHOT

Ditambah dengan aksi Betty/Nora (Rukoyah) yang tampak enerjik dan penuh warna-warni di kostumnya. Di kemunculan pertama Betty/Nora, penonton tertawa mendengar aksen gaya bicaranya, dan tingkah pembantu bak majikan kaya raya.

Bukan Teater Mandiri namanya kalau bukan menghadirkan bagian monolog panjang dan menyentil kejadian sehari-hari di sekitarnya. Putra Putu Wijaya dan Dewi Pramunawati, Taksu Wijaya, turut memainkan lakon sebagai dirinya sendiri. Seorang anak yang besar di bawah bayang-bayang seorang maestro seni teater.

Mosaik Damai ala Teater MandiriFoto: Tia Agnes/ detikHOT



Selama hampir 30 menit lamanya, Taksu tak kehabisan napas memainkan dialog-dialognya dengan lantang dan tak jemu. Di akhir pementasan, seorang putra yang ikut berteriak di proses demokrasi meski meregang nyawa.

Di pertunjukan terbaru 'Peace', Teater Mandiri sukses menghadirkan pementasan yang lain dari biasanya. Pada akhir pentas, tak lagi nuansa sederhana yang dibawakan namun visual dan permainan lighting ke atas panggung. Tak butuh multimedia hebat untuk membuat decak kagum di 15 menit terakhir pementasan.

"Janganlah bersedih, Indonesia. Kami berdiri di sini menjagamu, Indonesia," ucap Taksu Wijaya di akhir bagiannya.

(tia/dar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com