Film Perupa Xu Bing 'Dragonfly Eyes' Diputar Perdana di Jakarta

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 27 Sep 2019 16:30 WIB
Foto: Museum MACAN/ Istimewa
Jakarta - Perupa asal Tiongkok Xu Bing tengah menggelar pameran retrospektif 'Xu Bing: Thought and Method' di Museum MACAN Jakarta. Memeriahkan eksibisi tunggalnya, film 'Dragonfly Eyes' (2017) digelar pertama kalinya di Jakarta.

Xu Bing berniat membuat film dari rekaman kamera pengintai sejak 2013 namun tak ada akses ke sumber. Pada 2015, kamera pengintai atau CCTV yang ada di Tiongkok telah terhubung ke sistem basis data cloud dan rekamannya pun bisa ditonton secara daring.

"Sejak itu saya menekuni kembali proyek ini. Saya mengumpulkan sejumlah besar rekaman untuk membuat cerita dari kepingan realita tersebut," tulis Xu Bing dalam flyers Museum MACAN, seperti dikutip detikcom.



Menurut Xu Bing, kamera pengintai menghasilkan rekaman yang menarik sepanjang waktu. Kamera-kamera tak berhenti merekam dalam diam.

"Kadang-kadang mereka menghasilkan gambar yang sulit diterima logika, yang direkam dalam sekejap. Ketika potongan rekaman dirangkai ulang, seberapa berbeda fragmen kehidupan ini dengan 'realita'?" tulis Xu Bing.

Pemutaran film 'Dragonfly Eyes' berlangsung pada Sabtu (28/9/2019) di Komunitas Salihara, kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dilanjutkan dengan sesi diskusi.





Simak Video "Mengenal Perupa Taring Padi yang Sudah Berkarya Sejak Orde Baru "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)