Patung Ayam Jantan 'Korban' Kebakaran Notre-Dame Dipajang Lagi

Tia Agnes - detikHot
Senin, 23 Sep 2019 13:15 WIB
Foto: Reuters/ Istimewa
Jakarta - Patung seekor ayam jantan yang terbuat dari tembaga kini dipajang kembali di puncak menara Katedral Notre-Dame. Patung itu sempat rusak akibat kebakaran besar 5 bulan lalu yang menimpa katedral tertua di dunia tersebut.

'Ayam Jantan' merupakan salah satu dari beberapa artefak yang penting dan mampu diselamatkan pada 15 April 2019. Saat kebakaran terjadi, sebagian besar menara katedral dan bagian atapnya luluh karena kobaran api.

"Itu adalah salah satu simbol Notre-Dame di Paris," ujar Menteri Kebudayaan Prancis, Franck Riester, dilansir dari Reuters, Senin (23/9/2019).



Patung ayam jantan akan dipajang di Paris akhir pekan ini sebagai bagian dari Hari Warisan Eropa. Situs-situs menarik budaya pun tengah dibuka untuk publik dunia.

Selain patung 'ayam jantan' yang rusak, masyarakat juga khawatir dengan jendela mawar ikonik dari Notre-Dame. Ikon trio jendela mawar itu dipastikan selamat.

Notre-Dame juga menyimpan koleksi dan barang-barang berharga seperti makhota duri, salib, dan jubah yang diyakini telah dipakai oleh St Louis.



Simak Video "Penusukan di Prancis, Israel: Tak Ada Perang Antara Yahudi-Muslim"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)