detikHot

art

Bak 'Lebaran', Ragam Potret Urban di Festival Sketsa Indonesia

Jumat, 13 Sep 2019 14:25 WIB Tia Agnes - detikHot
Halaman 1 dari 2
Bak Lebaran, Ragam Potret Urban di Festival Sketsa Indonesia Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Festival Sketsa Indonesia pertama kalinya diselenggarakan di Jakarta. Layaknya sebuah Lebaran, ratusan para pembuat sketsa atau sketchers berkumpul di Galeri Nasional Indonesia, tadi malam.

Mereka merayakan gelaran akbar yang di dunia seni rupa makin diakui keberadaannya. Lewat pameran yang digelar di empat gedung Galeri Nasional Indonesia, Festival Sketsa Indonesia menunjukkan taringnya.

Ada 12 arsip dan 616 karya sketsa beragam medium dari 122 sketchers, lembaga, dan komunitas penggerak sketsa terkini. Sebanyak 76 karya di antaranya adalah mereka yang lolos seleksi terbuka dari 411 karya aplikasi, 256 calon peserta di 17 provinsi di Indonesia.


Bak 'Lebaran', Ragam Potret Urban di Festival Sketsa IndonesiaFoto: Festival Sketsa Indonesia (Tia Agnes/detikHOT)


Selain itu ada 140 karya dan 34 skecthers yang merupakan undangan terpilih berdasarkan pertimbangan kuratorial. Kalau Kamu berada di kawasan sekitar Gambir, singgahkan ke Galeri Nasional Indonesia. Karya yang dihadirkan tak hanya sketsa semata tapi pengembangan sketsa selama satu dekade belakangan.

"Ada banyak pertanyaan, kok sketsa dekat sekali dengan seni lukis, drawing, atau lainnya. Kekayaan sketch sekarang ini sudah beragam. Di Gedung A, mereka yang menjadi penggerak di komunitasnya. Ada seniman yang fokus pada kertas, ruang belajar ada arsip, ada sketsa yang kita lihat tidak hanya di kertas," tutur kurator pameran, Beng Rahadian.

Ia menyebutkan masih ada sketsa yang menggunakan mediun nonkertas, seperti keramik, genting, kardus, dan lain-lain. "Biasanya para sketchers hanya mau memperlihatkan karya ke komunitasnya. Sekarang boleh dipegang dan diperlihatkan ke hadapan umum. Salah satunya sketsa karya Hanafi, boleh dipegang," tutur Beng.
(tia/doc)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com