detikHot

art

Uniknya Menggambar Sketsa di Atas Kardus

Jumat, 13 Sep 2019 10:00 WIB Tia Agnes - detikHot
Uniknya Menggambar Sketsa di Atas Kardus Foto: Tia Agnes/ detikHOT Uniknya Menggambar Sketsa di Atas Kardus Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Kreativitas memang tanpa batas. Bagi seniman bernama KaNa Fuddy Prakoso, menggambar bisa dilakukan tak hanya di atas kertas maupun kanvas.

Di Festival Sketsa Indonesia, KaNa menggambar di atas lembaran-lembaran kardus. Sketsa yang digambarnya dibuat on the spot di beberapa wilayah yang berada di kediaman pribadinya.

"Saya berpikir bagaimana kalau bikin karya di atas limbah kardus ketimbang kertas. Kardus tidak menjadi sebuah onggokan," ujarnya ketika diwawancara di Galeri Nasional Indonesia, Kamis (12/9/2019).


Uniknya Menggambar Sketsa di Atas KardusUniknya Menggambar Sketsa di Atas Kardus Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Lokasi sketsa yang digambarkannya ada di dekat pasar di kawasan Kebayoran Baru, Kali Rengas, Pasar Majestik, Pasar Burung, serta flyover di dekat rumahnya. Termasuk pemandangan gang-gang.

"Ini saya sketch sambil belanja. Kadang pergi ke pasar sambil bawa kardus, dan langsung nye-skecth," katanya lagi.

Sejak tahun 1992, KaNa menggemari bikin sketsa di mana pun ia pergi. Perjalanan terjauhnya ketika bikin sketsa adalah ketika traveling ke Afrika utara. Gambar-gambar KaNa pun kini dipajang menjadi sebuah instalasi dan disusun bertingkat di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia.

Festival Sketsa Indonesia berlangsung dari 12 September-12 Oktober 2019 di Galeri Nasional Indonesia.


Uniknya Menggambar Sketsa di Atas Kardus



Simak Video "Yuk! Lihat Pameran Sketsa 'ReKreasi Garis'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com