Pameran Tunggal Perupa Xu Bing di Jakarta Resmi Dibuka

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 29 Agu 2019 20:18 WIB
Foto: Xu Bing (Tia Agnes/detikHOT)
Jakarta - Pameran 'Xu Bing: Thought and Method' resmi dibuka malam ini di Museum MACAN, kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Eksibisi perupa asal China yang telah melanglang buana ke berbagai negara itu hadir pertama kalinya di Indonesia dan Asia Tenggara.

Direktur Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Restu Gunawan, dalam sambutannya mengapresiasi pameran yang diinisiasi Museum MACAN.

"Saya sering cerita ke penyelenggara pameran lain. Pameran tuh contoh Museum MACAN. Kami harus belajar banyak gimana museum mampu menggaet pengunjung dan menarik," ucap Restu, di Museum MACAN, kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (29/8/2019).

Pameran Tunggal Perupa Xu Bing di Jakarta Resmi Dibuka Foto: Xu Bing (Tia Agnes/detikHOT)


"Museum MACAN kebanggaan bagi Indonesia untuk memiliki museum seni bertaraf internasional seperti sekarang ini. Bukan hanya edukasi tapi juga menarik pengunjung dari banyak usia," lanjutnya.

Pendiri Museum MACAN, Haryanto Adikoesoemo, menyambut baik karya-karya Xu Bing yang dipamerkan pertama kali di Jakarta. "Museum MACAN tak hanya menjadi museum tapi hal utama lainnya adalah dukungan pada bidang pendidikan. Terima kasih pada tamu undangan yang hadir dan selamat menikmati pamerannya," tukasnya.

Pameran retrospektif karya perupa Xu Bing menghadirkan 60 karya yang dibuat selama 40 tahun. Ada drawing, seni grafis, instalasi, film, dan materi arsip. Pameran dibuka untuk umum mulai 31 Agustus 2019 hingga 12 Januari 2020.



Simak Video "Mengenal Perupa Taring Padi yang Sudah Berkarya Sejak Orde Baru "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)