Unik! 660 Ribu Batang Rokok di Karya Instalasi Xu Bing

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 29 Agu 2019 16:09 WIB
Foto: Tia Agnes
Jakarta - Pameran retrospektif empat dekade perupa Xu Bing bakal dibuka untuk umum mulai 31 Agustus 2019. Seniman asal Beijing itu menghadirkan berbagai isu dalam karya-karyanya, salah satunya adalah 'Honor and Splender' (2004).

Karya instalasi yang berada di bagian depan museum menghadirkan simulasi karpet kulit harimau berukuran sekitar 11 meter. Uniknya karya tersebut terbuat dari 660 ribu batang rokok.

Isu rokok menjadi permasalahan global di berbagai negara. Ketika Xu Bing membuat gagasan tentang proyek 'Tobacco Project', ia memulainya di tempat tinggalnya di AS.

"Budaya rokok dihadirkan di sini. Di Carolina bagian utara, ada perusahaan tembakau terbesar di satu sisi juga ada penelitian tentang kanker. Di sini ada kontradiksi di dalamnya yang sengaja dihadirkan Xu Bing," ujar kurator Museum MACAN, Asep Topan, saat media tur, Kamis (29/8/2019).




Sejak 2001, sang perupa mengeksplorasi sejarah sosial dan ekonomi yang berkaitan dengan tembakau. Dia percaya tembakau adalah obyek yang meresap dan menyebar ke semua ruang, berakhir menjadi abu, dan punya hubungan yang berbeda-beda dengan setiap individu.

Unik! 660 Ribu Batang Rokok di Karya Instalasi Xu Bing Foto: Tia Agnes
Isu tentang tembakau tak hanya menjadi isu personal. Namun juga ekonomi, ketenagakerjaan, budaya, hukum, moralitas bahkan kesehatan.

"Tembakau dilihat Xu Bing sebagai satu kekuatan ekonomi, di mana pun bahkan kalau dilihat konteks Indonesia sangat relevan. Dia meminjam penggambaran kulit harimaj sebagai satu kekuatan lain dari manusia," tukasnya.

Simak Video "Mengenal Perupa Taring Padi yang Sudah Berkarya Sejak Orde Baru "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)