detikHot

art

Keindahan Light Painting Patricia Untario di Stasiun MRT Istora

Senin, 26 Agu 2019 20:53 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes Foto: Tia Agnes
Jakarta - Seniman Patricia Untario jadi salah satu seniman yang diajak berpameran dalam Jakarta Art Week 2019. Karya uniknya terpajang di kaca-kaca di Stasiun MRT Istora Mandiri, Jakarta Pusat.

Kaca-kaca tersebut menampilkan karya Patricia tentang rambut perempuan. Ada yang mengenakan hijab, rambut keriting, rambut lurus, maupun rambut pendek.

Patricia menuturkan lewat karyanya, ia ingin menggambarkan sosok perempuan Indonesia. "Ada yang keriting, ada yang pede diwarnain, bahkan ada satu rambut perempuan yang cepak, dan suaminya rambut gondrong. Kita semua bebas punya rambut. Punya hak untuk ekspresi diri kita. Jangan sampai jadi judgement, tidak perlu takut," ujarnya kepada detikHOT ditemui di sela-sela pembukaan Jakarta Art Week di Stasiun MRT Istora, Senin (26/8/2019).


Karya-karya Patricia berada di kaca transparan. Sepanjang kariernya sebagai seniman, ia kerap menggunakan material kaca.

"Saya memanfaatkan si kaca transparan dengan teknik kaca patris. Dengan ini warna-warna akan bias dengan cahaya. Kadang-kadang akan ada pantulannya. Itu kan mantul-mantul juga, kalau siang kan cahaya menembus lewat karya tersebut," jelasnya.

Jakarta Art WeekJakarta Art Week Foto: Tia Agnes


Karyanya pun disebut dengan light painting. Ia tidak melukis langsung di atas kaca transparan, namun menggunakan digital printing.

"Kalau painting ini kan kasih warna, ini aku kasih komposisi warna. Kalau kata guru aku, ini light painting," tukasnya.

Jakarta Art Week 2019 yang menghadirkan karya-karya 10 seniman perempuan tersebar di 21 titik mulai dari halte Ratu Plaza hingga halte seberang Ratu Plaza. Karyanya bisa dinikmati mulai hari ini hingga 15 September 2019.




Simak Video "Keren! Penyandang Autisme Jadi Seniman Abstrak "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/mau)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com