detikHot

art

Buka Jakarta Art Week, Anies: Ruang ke-3 Warga Ibu Kota Jadi Kreasi Seni

Senin, 26 Agu 2019 18:58 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes Foto: Tia Agnes
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka gelaran Jakarta Art Week 2019. Event yang digelar perdana menampilkan 10 seniman perempuan yang memajang karya di 21 titik lokasi halte MRT Jakarta sepanjang Jalan Sudirman hingga Thamrin.

Tiba pukul 17.00 WIB, Anies menyampaikan sambutan tentang ruang ekspresi seni dan budaya yang terus bertambah di Ibu Kota.

"Kita ingin Jakarta menjadi ruang interaksi. Ada ruang pertama di rumah, ruang kedua di tempat kerja. Dan di antara rumah dan tempat kerja, ada ruang ketiga," tutur Anies di stasiun Istora Mandiri saat pembukaan pameran, Senin (26/8/2019).


Ruang ketiga harus memberikan pengalaman bagi warga Jakarta. Bukan menjadi perjalanan dari rumah ke tempat kerja dan pulang saja.

"Ada tangan kreatif yang mengubah ruang ketiga. Bukan jadi tempat normal, tapi ruang yang penuh pengalaman," kata Anies.

Jakarta Art WeekJakarta Art Week Foto: Tia Agnes

Di ruang ketiga yakni MRT Jakarta, pameran 'Perempuan Bicara Seni' menyajikan ekspresi beragam soal identitas perempuan khususnya rambut. Ruang itu pula yang diisi dengan karya kreatif.

"Kita berharap jadi pengalaman baru bagi warga Jakarta ketika berinteraksi dari satu tempat ke tempat lainnya. Kita juga menginginkan kota yang dibangun sama-sama. Bukan hanya dibangun oleh pemerintah. Pemerintah punya otoritas dan masyarakat punya SDM. Dari sisi kreativitas biasanya yang dimiliki masyarakat lebih tinggi," pungkasnya.

Usai pembukaan, Gubernur Anies dan Iwet Ramadhan dari MRA Media menemani melihat-lihat karya seniman Patricia Untario, Kalya Risangdaru, dan Sanchia.




Simak Video "Di Rakornas PKS Anies Singgung Kebisingan: Bambu Aja Ramai"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/mau)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com