detikHot

art

Pameran Seni Michael Jackson di Finlandia Picu Kontroversi

Jumat, 23 Agu 2019 12:23 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pameran seni tentang memorabilia karya-karya Michael Jackson di Finlandia memicu kontroversi. Sepeninggal sang musisi, ia menghadapi berbagai kasus dan kritik atas tuduh pelecehan seksual setelah kematiannya.

Penyelenggara pameran seni pun mendapat kecaman keras. Namun ia keukeuh tetap memajang memorabilia dan karya-karya seniman dunia tentang Michael Jackson.

"Kami tentu saja mengutuk semua jenis pelecehan seksual tapi kami juga ingin menyediakan platform untuk diskusi terbuka dan suara bagi seniman-seniman," ujar Museum Seni Modern Espoo, Arja Miller, dilansir dari berbagai sumber.



Sebelum digelar di Finlandia, pamerannya lebih dahulu menyambangi London, Paris, Bonn, dan Helsinki. Namun karena film dokumenter yang tayang di HBO 'Leaving Neverland', pameran keliling itu pun kian mendapat kecaman.

Menurut pihak museum, terlepas dari sosok kontroversial Michael Jackson, masyarakat harus tahu kalau sang musisi mampu menginspirasi siapa pun.

Karya-karya yang dipajang di pameran di antaranya karya Andy Warhol, fotografer Amerika David LaChapelle, pembuat tembikar Inggris Grayson Perry. Serta yang fenomenal adalah patung emas raksasa Michael Jackson tengah memeluk simpanse kesayangannya.




Simak Video "Fans Michael Jackson Peringati 10 Tahun Wafatnya ''King of Pop''"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com