detikHot

art

Restorasi Lukisan Rembrandt Senilai Rp 47,5 M Digelar 'Live' Setahun

Selasa, 09 Jul 2019 11:29 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Rembrandt (Dok.Reuters) Foto: Rembrandt (Dok.Reuters)
Jakarta - Proses restorasi atau pemulihan keadaan lukisan biasanya dilakukan tertutup. Namun beda halnya dengan Rijksmuseum di Amsterdam, Belanda, yang membuka proses restorasi secara terbuka dan disajikan 'live' di hadapan pengunjung.

Lukisan seberat 337 kilogram dengan panjang mencapai 4,37 meter itu adalah salah satu mahakarya dari pelukis Rembrandt. Dilukis 1642 silam, restorasi lukisannya membutuhkan waktu selama setahun.

Direktur Museum Taco Dibbits menuturkan biaya restorasi yang dilakukan pihak museum tak sedikit. Selama setahun, ia memprediksi biaya merestorasi lukisan 'The Night Watch' mencapai Rp 47,5 miliar.


"Lukisan The Night Watch merupakan potret kelompok milisi kota Amsterdam dan membuka jalan baru dengan menunjukkan subyeknya sebagai potret statis," ujar Taco Dibbits, dilansir dari Reuters, Selasa (9/7/2019).

Lukisannya menjadi bahan perbincangan karena apakah Rembrandt melukisnya memang untuk menampilkan suasana malam. Atau karena penggunaan bayangan Rembrandt yang tertembus cahaya.


Restorasi akan dimulai dengan mengambil ribuan foto beresolusi tinggi dari berbagai sudut dan memindai dengan laser. "Proses pemulihan ingin melihat pigmen mana yang digunakan sampai cat yang dipakai Rembrandt dan melihat bagaimana kita bisa memulihkannya," tukasnya.


Simak Video "Dianggap Hina Islam, Lukisan di Saatchi Gallery London Ditutup Kain"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)


Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed