detikHot

art

Banksy Ternyata Pernah Muncul di Televisi saat Wawancara di 2003

Senin, 08 Jul 2019 18:00 WIB Tia Agnes - detikHot
Salah satu karya fenomenal Banksy Love is in the Bin Foto: Getty Images Salah satu karya fenomenal Banksy 'Love is in the Bin' Foto: Getty Images
Jakarta - Identitas seniman asal Inggris Banksy masih menjadi misteri. Namun lambat laun sosok Banksy mulai terkuak termasuk dalam wawancara di sebuah stasiun televisi pada 2003 silam.

Rekaman wawancara itu ditemukan dalam arsip perusahaan televisi ITV London. Awalnya seorang jurnalis Bristol Murphy sedang melakukan riset tentang Banksy yang bakal rilis pekan ini.

Dalam rekaman wawancara, wajah prianya sebagian ditutupi dengan T-Shirt. Di bagian latar video terdapat karya seni yang belum jadi, salah satu karyanya bertulisan 'Kill More'.



"Saya menyamar karena Anda tidak bisa benar-benar menjadi seniman grafiti dan kemudian go public. Dua hal ini tidak bisa berjalan beriringan," ujar pria tersebut, dilansir dari berbagai sumber, Senin (8/7/2019).

Wawancara yang berdurasi dua menit itu difilmkan pada 2003 atau jelang pameran seni 'Turf War'. Eksibisi tersebut merupakan terobosan Banksy yang diadakan di sebuah gudang di lingkungan East End London.

Richard Jones yang telah menerbitkan beberapa buku tentang Banksy dan seni jalanan di Bristol menggambarkan rekaman wawancara tersebut adalah hal yang langka. "Anonimnya adalah sesuatu yang sangat langka baginya," kata Jones.

Namun juru bicara Banksy tak mau mengkonfirmasi mengenai video hasil rekaman wawancara tersebut.




Simak Video "Mural Brexit Karya Banksy Viral di Sosial Media"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com