detikHot

art

Pentas Tari '(a)part' Tutup Ajang Helatari Salihara 2019

Jumat, 05 Jul 2019 16:35 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Dok.Komunitas Salihara Foto: Dok.Komunitas Salihara
Jakarta - Helatari Salihara 2019 tiba di penghujung pekan. Pentas tari '(a)part' hasil kreasi koreografer dari Tangerang, Maharani Pane bakal digelar pada 6 Juli 2019 di Komunitas Salihara, Jakarta Selatan.

Pertunjukan '(a)part' mengangkat tema kehidupan masyarakat urban yang tinggal di apartemen dan rumah susun. Karya yang menggabungkan bentuk tari dan teater tubuh ini melibatkan 8 penari.

"Karyanya dikemas dengan pemetaan multimedia, efek lampu ultraviolet dan cat fosfor untuk lukisan badan atau body painting," tulis keterangan pers yang diterima detikHOT.



Pentas '(a)part' juga dipadukan dengan seni instalasi abstrak yang terbuat dari pipa PVC yang dibagi menjadi sembilan bagian. Karya instalasinya sebagai metafora kamar-kamar yang ada di dalam gedung apartemen dan rumah susun.

Nantinya, penonton akan berada mengelilingi area penari untuk merasakan lebih intim setiap adegan yang dibangun oleh pertunjukan ini. Maharani Pane adalah lulusan Program Studio Tari, Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Pada 2018 bersama koreografer Tom Ibnur Pane, ia mengikuti tur tari dalam Festival Melayu di negara-negara Asia Tenggara. Sejumlah karyanya yang lain adalah 'Jonjong Mamereng' (2014), 'Not for Sale' (2015), 'Hutan Beton' (2016), 'As Above So Below' (2016), '(a)part' dan '(a)part 2' (2017).
(tia/dal)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com