detikHot

art

3 Patung Unik di Jakarta yang Tuai Kontroversi

Rabu, 26 Jun 2019 06:30 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Hanif Hawari/ detikHOT Foto: Hanif Hawari/ detikHOT
Jakarta - Jakarta dikenal sebagai kota metropolitan yang dihiasi dengan patung-patung ikonik. Ada Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia (HI), patung Pancoran hingga patung Sudirman.

Selain itu, masih ada patung-patung unik di Ibu Kota yang menuai kontroversi. Patung apa saja? Simak di antaranya:

1. Patung 'Getah Getih' Bundaran HI

3 Patung Unik di Jakarta yang Tuai Kontroversi3 Patung Unik di Jakarta yang Tuai Kontroversi Foto: Tia Agnes


Nama Joko Avianto mencuat lantaran seni bambu proyek Gubernur Anies Baswedan diresmikan pada Agustus 2018 lalu. Patunf bambu yang bernama 'Getah Getih' itu berada di kawasan Bundaran HI. Namun patungnya justru menuai kontroversi dan dikritik habis-habisan.

Banyak yang bilang lokasi penempatan karya seni tak pas untuk wilayah utama di Ibu Kota. Ada juga yang mengkritik bentuk karya hingga material yang digunakan.

2. Patung Putri Duyung di Ancol

3 Patung Unik di Jakarta yang Tuai Kontroversi3 Patung Unik di Jakarta yang Tuai Kontroversi Foto: Pradita Utama


Maret lalu, linimasa media sosial diramaikan oleh penampakan patung Putri Duyung yang ada di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Patung bertelanjang dada itu dikritik netizen.

Setelah heboh di media sosialnya patungnya kini memakai kemben berwarna emas. Namun kini lokasi patungnya telah dipindahkan dan tidak terdapat patung Putri Duyung lagi di kawasan tersebut.

3. Patung Obama Kecil di Menteng

3 Patung Unik di Jakarta yang Tuai Kontroversi3 Patung Unik di Jakarta yang Tuai Kontroversi Foto: Dwi Andayani/detikcom


Pada 2010 silam, keberadaan patung Obama di Taman Menteng pernah digugat oleh kelompok Facebookers.Keberadaan patung Obama tersebut dinilai telah mengganggu norma kepantasan karena patung pahlawan nasional lebih diprioritaskan.

Kelompok facebookers mengganggap Gubernur DKI, Walikota Jakarta Pusat, dan Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI pihak yang paling bertanggung jawab.



Tonton video Kali Krukut yang Jadi Primadona Wisata Ibu Kota:

[Gambas:Video 20detik]


3 Patung Unik di Jakarta yang Tuai Kontroversi

(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed