DetikHot

art

Dua Lukisan Bunda Maria 'Jawa' Lainnya Masih Menjadi Misteri

Jumat, 14 Jun 2019 15:05 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Dua Lukisan Bunda Maria Jawa Lainnya Masih Menjadi Misteri Dua Lukisan Bunda Maria 'Jawa' Lainnya Masih Menjadi Misteri Foto: KBRI Den Haag/ Istimewa
Jakarta - Lukisan Bunda Maria berbusana khas Jawa ciptaan Basoeki Abdullah yang tersimpan di kota Nijmegen, Belanda, menjadi perhatian publik. Ternyata ada dua lukisan serupa yang masih belum jelas keberadannya.

"Memang ada dua lukisan lagi yang tema dan pendekatannya hampir mirip dengan Bunda Maria Jawa," ujar Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB yang tengah berkuliah di Leiden, Aminudin TH Siregar ketika dihubungi detikHOT.

Bersama kurator seni Amir Sidharta, keduanya menyambangi bangunan Aqua Viva atau tempat tinggal pastor-pastor Jesuit tempat lukisan tersebut berada. Mereka melihat lukisan 'Maria Assumpta' Maret lalu di Belanda.



Menurut Aminudin, keberadannya masih menjadi misteri. "Lukisan aslinya masih belum terlacak," lanjutnya lagi.

Amir Sidharta menambahkan keberadaan lukisan 'Bunda Maria' ala perempuan ayu Jawa sudah diketahui selama beberapa tahun belakangan. Ia menyebutkan tahun 2011 tadinya lukisan tersebut berada di Museum Valfhof di kota Nijmegen, Belanda.

"Kebetulan kami sedang siapkan sebuah pameran di Belanda, jd kami minta bantuan rekan kerja di Belanda untuk tanya. Ternyata dikembalikan ke lembaga Jezuit di kota yang sama," tukasnya.

Lukisan berjudul 'Maria Assumpta' atau 'Bunda Maria Terangkat ke Surga' dilukis Basoeki saat masih berusia 20 tahunan. Kala itu, sang maestro sedang menempuh pendidikan di Belanda dan memberikan rasa terima kasih kepada pastor-pastor Jesuit lewat lukisan.

Pastor kepala di Aqua Viva, Romo Jan Bentvelzen SJ, menuturkan ada dua versi lukisan Bunda Maria bergaya Jawa. Satu lukisan terdapat seekor ular raksasa yang melilit di salah satu gunung. Satu lukisan lainnya ada nuansa Katolik yang menyertakan unsur Tri Tunggal, ada Yesus Kristus dan Tuhan Bapa lengkap dengan mahkota bergaya raja Jawa.

(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed