DetikHot

art

Lukisan Bunda Maria 'Jawa' Basoeki Abdullah akan Dipajang di Amsterdam

Kamis, 13 Jun 2019 17:48 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lukisan Bunda Maria Jawa Basoeki Abdullah akan Dipajang di Amsterdam Lukisan Bunda Maria 'Jawa' Basoeki Abdullah akan Dipajang di Amsterdam Foto: KBRI Den Haag/ Istimewa
Jakarta - Mahakarya maestro seni lukis Basoeki Abdullah tersimpan sejak lama di Belanda. Lukisan ciptaan pelukis flamboyan yang meninggal 5 November 1993 silam selama ini tersimpan di sebuah bangunan bernama Aqua Viva, tempat tinggal bagi pastor-pastor Serikat Yesus yang sudah berusia lanjut di Nijmegen, Belanda.

Lukisan berjudul 'Maria Assumpta' atau 'Bunda Maria Terangkat ke Surga' dilukis Basoeki saat masih berusia 20 tahunan. Kala itu, sang maestro sedang menempuh pendidikan di Belanda dan memberikan rasa terima kasih kepada pastor-pastor Jesuit lewat lukisan.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja, menyambangi Aqua Viva dan melihat langsung lukisan mahakarya sang maestro. Romo Dr.Eduard Kimman SJ dan Romo Bentvelzen SJ menerima kehadiran Duta Besar Puja beberapa waktu lalu.



Kedua pastor Jesuit menjelaskan ada dua jenis lukisan lainnya yang serupa dengan 'Maria Assumpta'. Namun belum diketahui di mana keberadannya.

Mereka juga menjelaskan beberapa waktu lalu, mereka telah menerima permintaan dari pihak museum di Belanda yang ingin memamerkan lukisan 'Maria Assumpta' di museum paling bergengsi di Belanda, yaitu Rijksmuseum Amsterdam pada 2020.

"Mereka mengharapkan agar dengan dipamerkannya lukisan tersebut, lukisan-lukisan 'Maria Assumpta' karya Basoeki Abdullah dengan versi lain diketahui keberadaannya," ujar Duta Besar Puja dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Kamis (13/6/2019).

Saat Duta Besar Puja berpamitan, pastor-pastor tersebut menyampaikan mereka bahagia bahwa lukisan 'Maria Assumpta' karya Basoeki Abdullah telah menarik perhatian banyak kalangan di Indonesia sehingga menyempatkan diri untuk berkunjung ke Nijmegen. Hal ini cukup mengobati kerinduan mereka akan Indonesia dan bercakap-cakap dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa.

(tia/dal)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed