detikHot

art

Keren! Citra Fotografi dan Seni Berkolaborasi di Karya Dua Perupa

Rabu, 29 Mei 2019 16:40 WIB Tia Agnes - detikHot
Keren! Citra Fotografi dan Seni Berkolaborasi di Karya Dua Perupa Foto: GNI/ Istimewa Keren! Citra Fotografi dan Seni Berkolaborasi di Karya Dua Perupa Foto: GNI/ Istimewa
Jakarta - Tak ada yang mustahil dalam karya seni. Termasuk di karya kolaboratif dua perupa perempuan, Indah Arsyad dan Bibiana Lee.

Lewat pameran seni berjudul 'id- Sengkarut Identitas', keduanya menghadirkan karya estetik antara fotografi dan seni rupa. Indah Arsyad memang cukup piawai memanfaatkan citraan fotografi dalam setiap karyanya.

Melalui karyanya, Indah ingin menyoroti permasalahan identitas tapi dari sudut pandang lebih personal.



"Saya terlahir dari perkawinan orang tua yang berbeda etnis dan dari kecil sudah pindah ke kota besar Jakarta, kehidupan sebagai warga cosmopolitan dengan segala budaya menghilangkan identitas saya dari orang tua saya," tuturnya dalam keterangan yang diterima.

Dia pun melanjutkan ceritanya, awalnya Indah tidak merasakan kehilangan identitas dan rantai akar budaya dari orang tuanya. "Puncaknya adalah pada saat anak saya yang bersekolah di sekolah internasional datang pada saya dan berkata ingin mengikuti les Bahasa Indonesia," ucapnya lagi.

Pentingnya identitas pun dituangkan ke dalam 6 karya seni yang menandai keberagaman masyarakat Indonesia. Ia merepresentasikan karyanya dengan fotografi yang diprint di atas arklirik transparan, digrafir dengan simbol budaya mitos Jawa kuno dan memiliki arti tentang kehidupan manusia di jagad raya.

Pada arklirik ada tumpang tindih gambaran simbol-simbol tersebut dan lampu LED dengan nuansa warna-warni. Sedangkan Bibiana Lee mampu memanfaatkan barang pecah belah dalam karya-karyanya.

Pameran kolaboratif keduanya masih berlangsung hingga 16 Juni 2019 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat.


(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed