detikHot

art

Banksy 'Main-main' di Venesia, Boyong Lukisan hingga Diusir Polisi

Jumat, 24 Mei 2019 13:09 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Banksy/ Instagram Foto: Banksy/ Instagram
Jakarta - Tak ada yang tahu kapan dan di mana Banksy bakal muncul. Bisa saja di segala penjuru negara kelahirannya Inggris sampai di perbatasan Israel dan Pakistan, tapi kali ini Banksy muncul di event seni paling besar setiap dua tahun sekali, Venice Art Biennale.

Lewat video yang diposting di akun Instagram pribadinya pada Rabu (22/5), Banksy lagi 'main-main' di Venesia, Italia. Di acara seni paling besar dan tertua di dunia, ia mengkritik nama besarnya tak pernah membuat penyelenggara mengundang seniman asal Inggris tersebut.

"Semua set berada di kawasan Venice Biennale. Walaupun di event seni paling besar dan prestisius di dunia, untuk beberapa alasan saya tidak pernah diundang," tulisnya di akun Instagram, dilihat detikHOT.



Banksy mendirikan kios tanpa izin yang menampilkan lukisan-lukisan cat minyak yang berjudul 'Venice in Oil'. Lukisannya bergambar kapal pesiar besar yang berada di lautan Venesia dan dikelilingi oleh kapal gondola yang ada di kota tersebut.

Dalam video, ada seorang pria yang tengah didekati polisi setempat. Ia diusir karena tidak memiliki izin.

Lewat karya tersebut, Banksy ingin meningkatkan kesadaran tentang pelarangan kapal pesiar pemerintah Italia. Kapal pesiar tersebut bermanuver lewat perairan Venice yang menyebabkan erosi di tepian kanal.

Atau karya Banksy menyinggung keadaan global yang pencinta seni tertarik datang ke kota Venesia karena acara seni yang berlangsung. Intip klip karya instalasi Banksy di sini:

[Gambas:Instagram]


Banksy 'Main-main' di Venesia, Boyong Lukisan hingga Diusir Polisi

(tia/kmb)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com