detikHot

art

Bukan Cuma di Malaysia, Indonesia Juga Punya Wayang Kulit 'Avengers'

Kamis, 16 Mei 2019 14:25 WIB Tia Agnes - detikHot
Bukan Cuma di Malaysia, Indonesia Juga Punya Wayang Kulit Avengers Foto: Istimewa Bukan Cuma di Malaysia, Indonesia Juga Punya Wayang Kulit 'Avengers' Foto: Istimewa
Jakarta - Kesenian tradisional wayang kulit yang menampilkan sosok budaya populer seperti Marvel dan DC tak hanya terjadi di Malaysia. Di Tanah Air ada Is Yuniarto yang mempopulerkannya.

Is Yuniarto yang dikenal sebagai komikus 'Garudayana' menciptakan wayang kulit dari karakter-karakter Marvel. April 2018 lalu, ia memberikan langsung kreasi wayangnya di Singapura kepada sutradara Joe Russo, Benedict Cumberbatch sebagai Doctor Strange, dan Karen Gillan sebagai Nebula.

Wayang kulit ciptaan Is Yuniarto juga mendapatkan sambutan yang hangat. Kepada detikHOT, komikus yang juga menggambar di komik 'Gundala' mengaku sudah melihat karya wayang kulit dari seniman Malaysia tersebut.

"Ya, saya sudah lihat. Sangat bagus kualitasnya," ujarnya Kamis (16/5/2019).


Bukan Cuma di Malaysia, Indonesia Juga Punya Wayang Kulit 'Avengers'Bukan Cuma di Malaysia, Indonesia Juga Punya Wayang Kulit 'Avengers' Foto: Istimewa


Menurutnya, misi keduanya terbilang sama. "Saya rasa misi kami sama, yakni mengenalkan budaya tradisional melalui tema pop culture. Mereka juga sudah bikin wayang pop culture sejak lama setahu saya," kata Is Yuniarto.

Lewat cara tersebut, pria yang berdomisili di Surabaya menyakini kesenian tradisional makin dikenal ke masyarakat muda maupun negara lainnya.

"Karena dari orang yang sebelumnya tidak tertarik wayang, mereka jadi tertarik karena mengenal karakter atau tokohnya," lanjutnya.



Sebelumnya diberitakan ada seniman Malaysia bernama Tintoy Chuo yang membuat wayang kulit dari karakter-karakter Marvel, DC, hingga Ed Sheeran. Lewat karya yang dikembangkan lewat nama Fusion Wayang Kulit sejak 2012, kini Tintoy Chuo telah melanglang buana.

Salah satu karya wayang kulit teranyar adalah potret Ed Sheeran dan diberikan Tintoy Chuo saat sang musisi menyambangi Malaysia.
(tia/nkn)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed