detikHot

art

Melihat Karya Seni Sambil Belajar Islam di Ramadhan Art Festival

Jumat, 10 Mei 2019 19:39 WIB Tia Agnes - detikHot
Ramadhan Art Festival Foto: Tia Agnes Ramadhan Art Festival Foto: Tia Agnes
Jakarta - Sukses dengan Ramadhan Jazz Festival yang berlangsung tiap tahun, Remaja Islam Cut Meutia (RICMA) mempersembahkan Ramadhan Art Festival. Untuk pertama kalinya kolaborasi antara seni dan nilai dakwah Islam berpadu.

Bagi kalian yang kebetulan berada di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, singgahlah ke LOOP Station. Di sini ada live mural, pameran seni hasil pendaftaran terbuka, karya instalasi hingga talkshow bagi generasi muda.

"Tahun-tahun sekarang banyak anak muda yang datang ke acara seni, di kampus atau komunitas-komunitas banyak yang menggelar acara seni. RICMA berpikir gimana buat acara seni yang ada pamerannya tapi juga nilai dakwah," ujar Ketua Umum RICMA, Muhammad Husein ketika mengobrol dengan detikHOT di Loop Station, Jakarta Selatan, Jumat (10/5/2019).

Pihak RICMA menambahkan ide Ramadhan Art Festival yang dianggap sudah matang direalisasikan sepanjang dua hati ini. "Setiap harinya akan ada live musik akustik," tambah Husein.




Ramadhan Art Festival yang menjadi salah satu acara dalam 'Gema Ramadhan' yang ke-9 memang menyasar generasi muda khususnya komunitas yang ada di Jakarta dan sekitarnya. "Ini acara baru dan pertama dari RICMA di tahun ini, kami merencanakan supaya ada di tahun-tahun mendatang," lanjutnya.

Di Ramadhan Art Festival juga menghadirkan instalasi yang dikemas secara ringan dan menyenangkan. Karyanya mengajak pengunjung untuk mengenal Islam dengan mengikuti perkembangan zaman, namun tidak menghilangkan Syariat Islam itu sendiri.

Melihat Karya Seni Sambil Belajar Islam di Ramadhan Art FestivalFoto: Tia Agnes
Karya yang dipamerkan juga merupakan hasil open submission yang nantinya akan dilelang di acara Ramadhan
Jazz Festival pekan depan. Hasil lelang yang terkumpul akan disalurkan donasi dalam acara 'Ibadahku Ibadahmu'.

Ramadhan Art Festival berlangsung selama dua hari pada 10-11 Mei 2019 di LOOP Station, Kebayoran Baru.
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed