detikHot

art

Museum Italia Akan Tes DNA pada Rambut yang Diduga Milik Leonardo da Vinci

Rabu, 08 Mei 2019 10:40 WIB Tia Agnes - detikHot
Museum Italia Akan Tes DNA pada Rambut yang Diduga Milik Leonardo da Vinci Foto: Istimewa Museum Italia Akan Tes DNA pada Rambut yang Diduga Milik Leonardo da Vinci Foto: Istimewa
Jakarta - Tahun ini menjadi momen berharga bagi perayaan 500 tahun meninggalnya seniman era Renaissance, Leonardo da Vinci. Museum Italia rencananya bakal melakukan tes DNA terhadap sehelai rambut yang diyakini milik pelukis 'Mona Lisa' tersebut.

Beberapa ahli mengatakan keraguan namun sebagian lainnya lagi mendukung adanya penelitian terhadap misteri sehelai rambut tersebut. Direktur Museum Leonardo da Vinci di Italia, Alessandro Vezzosi, menuturkan seuntai rambut itu dikumpulkan dari situs kawasan tempat meninggalnya di tahun 1863 silam.

"Ada seorang pria yang ditugaskan pihak kerajaan untuk menemukan jenazah Leonardo. Di tahun 1925, seorang kolektor Amerika membeli relik ini di Paris," ujarnya dilansir dari Reuters, Rabu (8/5/2019).



Sebelum kolektor itu meninggal dunia, ia menjualnya lagi kepada kolektor Amerika lain. "Yang lalu menghubungkan kepada kami," kata Vezzosi.

Pihak museum ingin melakukan ekstrasi DNA dari sampel. Lalu membandingkannya dengan DNA dari keturunan da Vinci yang pernah diidentifikasi di tahun 2016.

"Yang terpenting adalah tidak menerima begitu saja hasil sebelum pengujian ilmiah selesai," lanjutnya lagi.

Leonardo da Vinci meninggal dunia pada Mei 1519 silam dan dimakamkan di Chateau d'Ambroise dekat kota wisata Prancis. Kastil itu rusak parah setelah Revolusi Prancis 1789 dan banyak kuburan yang dihancurkan, termasuk makam milik Leonardo da Vinci.


(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com