detikHot

art

Ternyata Leonardo da Vinci Sempat Tak Bisa Selesaikan Lukisan 'Mona Lisa'

Selasa, 07 Mei 2019 13:45 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Ada cerita tentang lukisan 'Mona Lisa' yang selama ini tidak diketahui masyarakat. Ternyata pelukis 'Mona Lisa' Leonardo da Vinci sempat tak bisa menyelesaikannya usai pingsan.

Sebelum pingsan, seniman asal Amboise Prancis itu mengalami cedera parah di bagian lengan. Setelah cedera parah tersebut, ia melukis dengan tangan kirinya.

Dalam sebuah penelitian terbaru juga disebutkan da Vinci mampu menggunakan kedua tangannya dengan baik. Ia tak canggung memakai tangan bagian kiri untuk melukis.



Saat cedera dan pingsan yang membuat kondisi tubuhnya lemah, da Vinci juga diketahui trauma. Saraf ulnaris yang membentang dari bahu ke bagian jari jemarinya membuat gerakan tangan yang kerap susah.

"Kondisi kesehatan tersebut mungkin menjelaskan mengapa dia meninggalkan banyak karya yang tak selesai. Termasuk lukisan 'Mona Lisa' yang dibuat selama 5 tahun sampai kariernya sebagai pelukis," ujar tim peneliti Davide Lazzeri, dilansir dari Independent, Selasa (7/5/2019).

Penelitian terbaru mengenai kondisi kesehatan Leonardo da VInci terungkap dalam Journal of Royal Society of Medicine yang baru saja diterbitkan.



Leonardo da Vinci dikenal sebagai pelukis 'Mona Lisa' yang kini tengah dipajang di Museum Louvre Paris. Baru-baru ini karya seniman yang meninggal pada 1519 silam itu kembali menghebohkan publik dengan kehadiran lukisan 'Salvator Mundi'.

Lukisannya disebut sebagai lukisan termahal di dunia dan terjual senilai Rp 6 triliun. Kabarnya lukisan yang dibeli Pangeran Saudi itu menghilang dan keberadaannya masih misterius.
(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com