DetikHot

art

Dua Lukisan yang Dipajang di London Dianggap Hina Islam

Selasa, 07 Mei 2019 11:25 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Dua Lukisan yang Dipajang di London Dianggap Hina Islam Galeri seni Saatchi di London, Inggris Foto: Saatchi Gallery/ Istimewa
Jakarta - Galeri seni kontemporer bernama Saacthi di London dikomplain oleh pengunjung muslim. Mereka mengeluh ada dua lukisan yang dianggap menghina Islam.

Galeri Saatchi London saat ini tengah menggelar pameran terbaru yang menghadirkan karya seniman SKU. Di dua lukisan karyanya ada yang menggambarkan teks syahadat dalam huruf Arab.

Teks bacaan syahadat itu disandingkan dengan gambar perempuan telanjang yang memegang bendera Amerika. Gambar itu yang kemudian kontroversial dan dikeluhkan warga muslim.



Para pengunjung muslim mengaku tak senang dengan lukisan tersebut. Namun pemilik galeri keukeuh untuk tetap memajangnya.

Pihak galeri menuturkan Saatchi mendukung kebebasan berekspresi dan artistik kepada para seniman yang ada di galerinya.

Video: Dianggap Hina Islam, Lukisan di Saatchi Gallery London Ditutup Kain

[Gambas:Video 20detik]



"Galeri juga menerima keluhan dari para pengunjung muslim dan mendukung keputusan senimman untuk tetap memajangnya hingga akhir pameran," katanya.

Seniman yang nama aslinya dirahasikan itu dikenal kerap menghadirkan karya-karya yang memiliki simbol propaganda dan kerap kontroversial. Pameran berlangsung sejak pertengahan April lalu hingga akhir pekan ini.


(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed