detikHot

art

Uniknya Ragam Emoticon di Lukisan-lukisan 3D Mochtar Sarman

Minggu, 05 Mei 2019 15:14 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Mochtar Sarman (Agnes/detikHOT) Foto: Mochtar Sarman (Agnes/detikHOT)
Jakarta -

Seniman Mochtar Sarman dikenal dengan karya lukisan 3D yang ikonik. Di karya-karya terbarunya, ia kembali tampilkan 3D dengan lukisan yang tak kalah unik.

Ada 15 lukisan yang dipajang melalui booth D'Gallery di ajang Art Moments Jakarta. Ke-15 karyanya berbentuk bulat dan menggambarkan aneka ragam emoticon layaknya di aplikasi Whatsapp.

"Ini tentang situasi dalam hidup yang harus dihadapi setiap hari. Ada emoticon bad news, putus cinta tetap tersenyum," ujarnya ketika berbincang di Art Moments Jakarta, belum lama ini.


Lukisan yang bertemakan 'balance' ini sengaja mengambil bentuk emoticon. Lulusan Art Center College of Design Pasadena California itu mengungkapkan emoticon menjadi hal yang dekat dengan kehidupan sehari-hari para pengguna telepon seluler.

"Tiap hari kita kan whatsapp dan suka pakai emoticon yang ada di Whatsapp. Jadi ini memang relate sekali," ungkap pria yang pernah dipercaya oleh Walt Disney menjadi Country Director of Retail and Licensing di Indonesia.

Uniknya Ragam Emoticon di Lukisan-lukisan 3D Mochtar SarmanFoto: Mochtar Sarman (Agnes/detikHOT)



"Intinya sih kita mau kasih vibes yang positif, menghadapi masalah tapi tetap positif," lanjut Mochtar.

Dia juga dikenal sebagai seniman yang mendobrak pakem tradisional. Karya-karya Mochtar Sarman memadukan antara konsep futuristik dan struktur peradaban arsitektur kuno.

Ciri khas lukisannya mengaplikasikan perbedaan tebal tipis garis, detail yang rumit, perspektif unik, dan penempatan bayangan di lukisan. Gaya khas lukisannya yang futuristik juga membuat namanya melambung naik.


(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com