detikHot

art

Uniknya Kloset Duduk Pink Berisi 12 Makanan Indonesia yang Ada di Museum MACAN

Senin, 29 Apr 2019 17:29 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes Foto: Tia Agnes
Jakarta - Jika kebetulan berada di kawasan Kebon Jeruk mampirlah ke Museum MACAN Jakarta. Museum seni modern dan kontemporer yang berada di lantai 5 AKR Tower tengah menggelar pameran terbaru berjudul 'Dunia dalam Berita' yang bakal dibuka untuk umum 1 Mei 2019.

Karya-karya dari 10 perupa kontemporer dipajang di Museum MACAN Jakarta. Salah satunya adalah karya seni instalasi yang berada dalam satu ruangan berisikan 12 toilet pink. Ya, warna pink disertai nuansa pink.

Tak hanya nuansa serba pink, tengoklah ke dalam toilet tersebut. Ada gambar bergerak yang berisikan 12 jenis makanan Indonesia, ada martabak hingga pecel lele.

Karya instalasi 'Makanan Tidak Mengenal Ras' awalnya adalah karya video yang dibuat tahun 1999 silam. Serta dibuat ulang khusus untuk pameran seni 'Dunia dalam Berita'.

Kurator pameran 'Dunia dalam Berita', Asep Topan, menuturkan perupa Krisna Murti adalah salah satu seniman penting dalam perkembangan seni kontemporer Indonesia.




"Di perkembangan seni media salah satu nama penting adalah Krisna Murti dan Heri Dono, merekalah yang mulai menggunakan teknologi media," ujar Asep saat diwawancarai di Museum MACAN, Senin (29/4/2019).

Karya keduanya pun dianggap penting untuk dihadirkan dalam 'Dunia dalam Berita'. "Dengan melihat karya-karya mereka, publik dapat melihat gambaran gimana seni media mulai berbaur dengan seni rupa," tambahnya lagi.

Karya Krisna Murti dihadirkan untuk melihat politik identitas di Indonesia dan merupakan salah satu implikasi dari keragaman budaya. Ada proyeksi video di kloset duduk berwarna merah muda tersebut.

Hidangan yang hadir dikenal oleh masyarakat umum dan muncul sebagai pertukaran budaya antar komunitas Jawa, Eropa, Tiongkok, India, dan Timur Tengah. Selain karya Krisna Murti masih ada 9 karya perupa kontemporer lainnya.

Pameran 'Dunia dalam Berita' dibuka untuk umum pada 1 Mei hingga 21 Juli 2019.



Tonton juga: Makna 5 Tudung yang Disajikan Mella Jaarsma di Museum Macan

[Gambas:Video 20detik]


(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com