detikHot

art

Di Balik Lukisan Tersembunyi yang ada di Karya Picasso 'Blue Room'

Kamis, 25 Apr 2019 16:07 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: My Modern Met/ Istimewa Foto: My Modern Met/ Istimewa
Jakarta - Penelitian terbaru dari lukisan Pablo Picasso 'The Blue Room' mengungkap penemuan yang mengejutkan. Di dalam lukisan yang dilukis awal abad ke-20, ada potret tersembunyi yang misterius.

Tim peneliti dan sejarawan seni dari The Phillips Collection hingga Galeri Seni Nasional mengungkap keberadaan lukisan rahasia yang tersembunyi selama beberapa dekade. Namun baru belakangan ini teknologi canggih mampu mendeteksinya.

Di tahun 1927 silam, The Phillips Collection mengakuisisi 'The Blue Room'. Di tahun 2014, tiba-tiba saja lukisan mendapat sorotan internasional.



"Studi kolaboratif ini telah berlangsung selama beberapa dekade," tulis The Phillips Collection menjelaskan dalam keterangan pers, dilihat detikHOT, Kamis (25/4/2019).

Awalnya seorang konservator museum melihat ada sapuan kuas lain di dalam lukisan 'The Blue Room'. Ternyata itu adalah perubahan pigmen dan tekstur yang memuncak hingga memunculkan lukisan kedua di tahun 1997.

Baru di tahun 2008, para konservator melihat bentuk lukisan, dan tahun 2014 lukisan kedua terlihat lebih detail.

"Masing-masing ilmuwan membicarakan periode awal 'The Blue Room' termasuk adanya potret tersebut, meskipun tidak ditandatangani. Pigmen yang digunakan dalam lukisan itu juga dicat oleh tangan Picasso," pungkasnya.
(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com