detikHot

art

Akibat Kebakaran Besar, Jendela Mawar Ikonik Notre-Dame Dipastikan Selamat

Senin, 22 Apr 2019 13:16 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Christophe Petit Tesson/Pool via REUTERS Foto: Christophe Petit Tesson/Pool via REUTERS
Jakarta - Kebakaran besar yang melanda Notre-Dame di Prancis membuat masyarakat bersedih. Karya seni ikonik yang ada dalam katedral tua tersebut dipastikan selamat.

Ikon trio jendela mawar yang menjadi jendela di katedral diketahui merupakan peninggalan yang paling berharga. Harta lainnya pun diketahui aman.

Di depan gereja ada jendela mawar di bagian barat katedral. Awalnya dibangun pada tahun 1125 silam dan merupakan tertua dari dua jendela mawar lainnya.



Di sisi selatan juga terdapat jendela mawar berukuran 12,9 meter dan jendela terbesar yang ada di dalam gereja. Seperti juga di bagian utara, karya seninya berasal dari pertengahan abad ke-13.

"Tampaknya tidak ada kerusakan yang sangat besar untuk ikonik jendela mawar di katedral Notre-Dame," ujar Benoist de Sinety dari Keuskupan Agung Paris, dilansir dari berbagai sumber.

Selain jendela mawar, Notre-Dame juga menyimpan koleksi dan barang-barang berharga lainnya. Seperti mahkota duri, salib, dan jubah yang diyakini telah dipakai oleh St.Louis serta dalam keadaan damai.
(tia/nkn)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com