detikHot

art

Riset Terbaru Ungkap Leonardo da Vinci Adalah Seorang Ambidextrous

Selasa, 09 Apr 2019 14:16 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Ilustrasi: Luthfy Syahban Foto: Ilustrasi: Luthfy Syahban
Jakarta - Penelitian terbaru tentang Leonardo da Vinci telah membuktikan satu fakta tersembunyi. Pelukis 'Mona Lisa' itu diketahui sebagai seorang ambidextrous. Apa itu?

Analisis ilmiah dan teknologi mengungkap sketsa lanskap tersembunyi yang sebelumnya tidak diketahui. Ambidextrous adalah kemampuan unik seseorang yang menggunakan kedua tangan sama-sama baik.

Dalam Wikipedia disebutkan hanya satu dari 100 orang yang lahir dengan kemampuan istimewa tersebut. Temuan ini diumumkan sebulan sebelum peringatan 500 tahun kematian Leonardo da Vinci.



Museum di seluruh Eropa menyelenggarakan pameran dan beragam acara unik untuk merayakan kehidupan orang di balik lukisan 'Salvator Mundi' yang fenomenal.

"Ini adalah revolusi nyata di bidang studi Leonardo da Vinci," ungkap Direktur Uffizi, Eike Schmidt dilansir dari Reuters, Selasa (9/4/2019).

Penelitian yang dilakukan terhadap sketsa-sketsa da Vinci di tanggal 5 Agustus 1473 silam ketika usianya mencapai 21 tahun. Ada gambar lembah Sungai Arno dan Kastil Montelupo, persis di luar kota Florence, Italia.



Sebuah studi dari dua teks mengkonfirmasi kedua sketsa ditulis oleh Leonardo da Vinci. Ia pun disebut mampu menulis dengan sempurna menggunakan tangan kanan dan kirinya.

"Leonardo sejak lahir dikenal kidal tapi diajari menulis dengan tangan kanannya sejak usia sangat muda. Dengan melihat tulisan dan sketsanya, orang dapat melihat kaligrafi tangan kanannya berpendidikan dan dilakukan dengan baik," pungkas sejarawan seni, Cecilia Frosinini.


Riset Terbaru Ungkap Leonardo da Vinci Adalah Seorang Ambidextrous

(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com