Makassar Canangkan 1 April sebagai Hari Kebudayaan

Ibnu Munsir - detikHot
Senin, 01 Apr 2019 20:43 WIB
Foto: Ibnu Munsir
Makassar - Sebagai upaya mengembangkan budaya dan sejarah di Indonesia. Kota Makassar mencanangkan 1 April 2019 sebagai hari Kebudayaan.

Pencanangan ini dilakukan dengan mengelar karnaval budaya di Benteng Rotterdam Kota Makassar. Ratusan siswa SD dan SMP terlihat menggunakan pakaian adat sambil menari dan bernyanyi, tak ketinggalan atraksi paraga, gendang nampak memeriahkan peringatan kebudayaan.

Tak ketinggalan penampilan tari asal Bali, Madura, silat hingga atraksi topeng juga memeriahkan karnaval budaya di Makassar. Hal ini dilakukan sebagai upaya melestarikan tradisi dan budaya asli daerah di Indonesia.

"Yang pertama kebudayaan adalah identitas bangsa, budaya kekayaan bangsa, budaya membedakan kita dengan yang lain, budaya lah yang membuat kita menjadi Indonesia," kata Wali Kota Makassar," kata Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, Benteng Rotterdam, Makassar, Senin (1/4/2019).

Makassar Canangkan 1 April sebagai Hari KebudayaanFoto: Ibnu Munsir
Danny menyebut jika pencanangan hari Kebudayaan ini juga sebagai upaya melestarikan budaya yang ada di Sulsel termasuk budaya di Indonesia.

"Maka hari ini kita ingin menanamkan dan mengenali untuk anak kita tentang budayanya semua. Bukan hanya Bugis, Makassar, Mandar Toraja, tapi seluruh budaya Indonesia," jelasnya.

Tak hanya pakaian, ditanggal 1 April 2019 ini Sekolah di Makassar juga diberikan materi Kebudayaan seharian. Hal ini guna mengingatkan budaya dan sejarah di Sulsel.

"Anak-anak kita disarankan untuk memakai baju tradisional. Hari ini semua materi pelajaran tentang budaya Makassar, budaya Indonesia dan kita fokus hari ini untuk bagaimana mengenali budaya kita sendiri," paparnya.

Makassar Canangkan 1 April sebagai Hari KebudayaanFoto: Ibnu Munsir
Sementara itu, salah seorang warga Makassar, Raisa mengatakan pencanangan hari budaya ini memberikan pesan cukup bagus dan mengingatkan sejarah dan budaya sangat penting untuk diingat.

"Bagus acaranya, keren juga, cuma ada di Makassar. Makassar juga sebagai pelopor saat ini dapat menjadi inspirasi bagi semua daerah di Indonesia dan mengelar hal yang sama," tutupnya.


Tonton juga: Canangkan Hari Kebudayaan, Kota Makassar Gelar Karnaval

[Gambas:Video 20detik]

(dar/dar)