detikHot

art

Pameran Lukisan Penangkapan Pangeran Diponegoro Ajak Milenial Melek Sejarah

Jumat, 29 Mar 2019 21:18 WIB Eko Susanto - detikHot
Foto: Eko Susanto/ detikHOT
Magelang - Dua lukisan penangkapan Pangeran Diponegoro dan 47 lukisan lainnya dipamerkan di Museum BPK RI Kota Magelang. Pameran lukisan yang dilangsungkan tersebut masih dalam rangkaian Gerakan Melek Sejarah atau disingkat Gemes.

Direktur Sejarah, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Triana Wulandari mengatakan, gerakan melek sejarah merupakan salah satu ikon untuk meningkatan kesadaran sejarah untuk masyarakat khususnya generasi muda. Kemudian diambil nama Gemes agar menjadi ingatan yang gampang diingat untuk generasi milenial.

"Kami hadir di Magelang dengan tiga bentuk. Pertama, teater tari 'Aku Diponegoro' ditampilkan tadi malam. Tentang dokumen sejarah lahirnya Diponegoro sampai dia berjuang. Hari ini, pameran dan bedah literasi diskusi dengan menghadirkan para narasumber yang sesuai bidang dan ahlinya," katanya.



"Lukisan Raden Saleh dan Pieneman itu menggambarkan bagaimana penangkapan Diponegoro itu sudah menjadi diskusi yang maha dasyat dari seluruh dunia," katanya.

Adapun inovasi agar mencintai sejarah, katanya, juga membuat buku-buku grafis, komik, buku-buku elektronik, atlas sejarah dengan elektronik. Adapun terobosan-terobosan tersebut untuk memotivasi agar anak-anak supaya mencintai sejarah dan melek sejarah.

Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina mengaku, sangat bangga dengan diadakan Gemes di Kota Magelang. Pihaknya berharap nantinya gemes diadakan rutin setiap tahunnya.
(tia/nkn)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com