detikHot

art

Patung Malaikat Kecil Heri Dono Melayang di Langit-langit Art Central Hong Kong

Jumat, 29 Mar 2019 13:31 WIB Tia Agnes - detikHot
Patung Malaikat Kecil Heri Dono Melayang di Langit-langit Art Central Hong Kong Foto: Art Central/ Istimewa Patung Malaikat Kecil Heri Dono Melayang di Langit-langit Art Central Hong Kong Foto: Art Central/ Istimewa
Jakarta - Art Central Hong Kong resmi dibuka pada 27 Maret lalu. Masih berlangsung sampai akhir pekan ini, salah satu karya seniman Heri Dono mejeng di area publik Art Central edisi kelima yang menampilkan 107 galeri-galeri seni internasional.

Patung karya seniman asal Yogyakarta yang dipajang berjudul 'Smiling Angels from the Sky'. Karyanya berada dalam area pameran yang diberi judul 'Projects' hasil seleksi dari kurator kenamaan Asia, Ying Kwok.

"Karya Heri Dono dikenal karena penggabungan karakteristik unsur tradisional dan cerita rakyatnya. Heri Dono menyindir sosial-politik tentang keberadaan kontemporer yang diceritakan ulang lewat motif tradisional Jawa dan mitologi," tulis keterangan pers yang diterima detikHOT, Jumat (29/3/2019).



Heri Dono dikenal sebagai seniman profesional yang telah mengikuti puluhan kali residensi di Indonesia dan mancanegara. Dia juga pernah mewakili Indonesia di ajang Venice Art Biennale yang ke-56 pada 2015 lalu.

Selain Heri Dono, di area pameran 'Projects' masih ada karya seni instalasi besar lainnya. Ada Angela Yuen (Hong Kong), seniman kinetik Cheuk Wing Nam (Hong Kong), Seungean Cha (Korea), Lê Giang (Vietnam), dan PHUNK (Singapura).

Patung Malaikat Kecil Heri Dono Melayang di Langit-langit Art Central Hong KongPatung Malaikat Kecil Heri Dono Melayang di Langit-langit Art Central Hong Kong Foto: Art Central/ Istimewa


"Pilihan karya-karya seni instalasi berskala besar tahun ini merangsang pengunjung dengan berbagai media. Ada suara, gerakan kinetik, tekstil, patung yang bergerak, dan lukisan oleh 6 seniman internasional dan Hong Kong," ujar Ying Kwok.

"Kami harap karya seni instalasi di berbagai sudut area pameran ini memberikan pengalaman mendalam bagi pengunjung," katanya lagi.

Di Art Central Hong Kong tahun ini, Heri Dono juga diketahui memajang karya-karya solonya lewat The Columns Gallery asal Seoul, Korea. Ia memajang lukisan-lukisan khasnya yang menggabungkan antara isu kontemporer dan motif dari wayang kulit.




Simak Juga 'India Resmikan Patung Tertinggi di Dunia':

[Gambas:Video 20detik]


(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com