DetikHot

art

Tabrak Aturan Seni, Patung Penangkal Gravitasi Ini Dipuji Dunia

Senin, 25 Mar 2019 15:33 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Tabrak Aturan Seni, Patung Penangkal Gravitasi Ini Dipuji Dunia Tabrak Aturan Seni, Patung Penangkal Gravitasi Ini Dipuji Dunia Foto: Jerzy Kędziora/ Istimewa
Jakarta - Pematung asal Polandia Jerzy Kędziora dikenal dengan seri patung keseimbangan yang mampu melawan gravitasi. Patung-patungnya berpose atletik, 'menggantung' tinggi, dan kini dipuja di seluruh dunia.

Patung ciptaannya dipuji brilian karena mampu memadukan antara seni patung klasik dan kinetik. Sukses berkarier di galeri tradisional, Jerzy Kędziora mencoba memulai seri 'Balancing Scupltures'.

"Bagi saya ruang pameran itu menjadi 'mati' dan saya lebih menyukai ruang terbuka," ujarnya dilansir detikHOT dari My Modern Met, Senin (25/3/2019).



Melalui karya patung seri keseimbangan tersebut, karyanya bertabrakan dengan aturan di dunia seni patung. Bahkan sebagian karyanya mengejutkan penonton.

Misalnya saja patung yang pada umumnya dipajang di atas tanah, beratnya hingga puluhan ton, memiliki fungsi dan estetika tertentu sampai patung yang menjadi ikon sebuah kota atau tempat.

"Ini adalah pengalaman yang menarik, bahkan sangat menarik untuk mengagetkan pengunjung," katanya.



Sebagian besar masyarakat pun mengaku merindukan patung ciptaan Jerzy Kędziora setelah menghilang dari ruang publik. Di awal karier, ia menciptakan patung yang menampilkan pejalan kaki berjalan di atas tali.

"Saya memang ingin mencapai kesuksesan internasional lewat karrya seni publik, bukan hanya berada di ruang pameran yang mati," tukas Jerzy Kędziora.

Patung kreasinya dipajang di berbagai ruang publik mulai dari Abu Dhabi, Miami, hingga Krakow.

[Gambas:Instagram]


(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed