DetikHot

art

Sukses di Mancanegara, Pertunjukan Kelas Dunia 'I La Galigo' Hadir di Jakarta

Kamis, 21 Mar 2019 17:18 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Sukses di Mancanegara, Pertunjukan Kelas Dunia I La Galigo Hadir di Jakarta Foto: Tia Agnes
Jakarta - Setelah melanglang buana di berbagai negara selama hampir dua dekade lamanya, pertunjukan kelas dunia 'I La Galigo' hadir di Jakarta. Ciputra Artpreneur bekerja sama dengan Yayasan Bumi Purnanti mempersembahkan 'I La Galigo' pada 4-7 Juli 2019 mendatang.

'I La Galigo' merupakan pementasan yang disutradarai Robert Wilson yang naskahnya diadaptasi dari 'Sureq Galigo'. Kitab atau buku ini mengisahkan mitos penciptaan suku Bugis yang terdokumentasi lewat tradisi lisan dalam bentuk syair di abad 13 dan 15 itu ditulis dalam huruf Bugis kuno.

Produser 'I La Galigo' dari Yayasan Bali Purnanti Restu Imansari Kusumaningrum menuturkan akhirnya setelah 20 tahun pertunjukan 'I La Galigo' bisa kembali ke Jakarta.

"Ini jadi kebanggaan tersendiri bisa kembali ke kota Jakarta. Saya berjanji Insyaallah membali 'I La Galigo' ke Jakarta dengan jumlah penduduknya 27 juta penduduk atau negara dengan populasi terbesar di Asia ini," ujarnya saat jumpa pers di Ciputra Artpreneur, Kamis (21/3/2019).




'I La Galigo' memulai pentas perdananya di Esplanade Theaters on the Bay Singapura di 2003. Lakon ini dipentaskan keliling di berbagai kota di penjuru dunia.

Di antaranya Lincoln Center Festival New York, Het Muziektheater Amsterdam, Forum Universal de les Cultures Barcelona, Les Nuits de Fourviere Rhone Prancis, Ravenna Festival Italia, Metropolitan Hall for Taipei Arts Festival Taipei, Melbourne International Arts Festival, Teatro Arcimboldi Milan, lalu pulang kampung ke Makassar.

Bahkan 'I La Galigo menjadi pementasan khusus kelas dunia saat pembukaan Annual Meetings IMF-World Bank Group 2018 di Bali. Media sekelas The New York Times pun menyebutnya sebagai 'stunningly beautiful music-theater work' ketika membuka Festival Lincoln Center 2005 silam.

"Semua tur keliling itu kami lalui bersama Robert Wilson dan dramaturgi Rhoda Grauer. Ini adalah kekayaan bangsa yang kini dilanjutkan ke generasi muda, sekarang tim 'I La Galigo' masuk di generasi kedua. Dari 15 orang bertahan ke 13 orang," lanjut Restu.

Sukses di Mancanegara, Pertunjukan Kelas Dunia 'I La Galigo' Hadir di Jakarta Foto: Tia Agnes

Presiden Direktur Ciputra Artpreneur, Rina Ciputra Sastrawinata, mengatakan pementasan 'I La Galigo' yang digelar di tempatnya bermula dari obrolan 3 tahun lalu.

"Saya sempat nanya apa kostum ' I La Galigo' masih ada, masih komplit tapi di Milan katanya. Beberapa kali pembicaraan gimana kalau pentas di Jakarta lagi, teater saya sudah hampir rampung. Saya membutuhkan cerita yang menarik dan produksi kelas dunia. Saya mengakui pertunjukan ini memang megah, kelas dunia, dan begitu banyak keahlian dari segi modern," tukas Rina.

Pentas kelas dunia 'I La Galigo' berlangsung di Ciputra Artpreneur Theater pasa 4-7 Juli 2019. Tiket sudah bisa dibeli mulai 21 Maret 2019 dengan banderol mulai Rp 475 ribu hingga Rp 1.850.000.



(tia/nkn)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed