detikHot

art

Ratusan Syair dari 26 Penyair Jadi Naskah Konser Musikal Puisi-puisi Cinta

Jumat, 08 Mar 2019 18:52 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes Foto: Tia Agnes
Jakarta - Pertunjukan konser musikal puisi-puisi cinta yang berjudul 'Cinta Tak Pernah Sederhana' segera digelar pada 16-17 Maret 2019 di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki. Ada ratusan penggalan syair dari 26 penyair kenamaan yang dijadikan naskah pementasan oleh sutradara sekaligus penulis naskah, Agus Noor.

"Saya membaca ratusan puisi, sebagian sudah ada yang saya ingat dan susun. Mulai dari syair Amir Hamzah, Chairil Anwar, Soebagio Sastrowardoyo, dan masih banyak lagi," ujarnya saat jumpa pers di kantor PT Balai Pustaka (Persero, kawasan Jakarta Timur, Jumat (8/3/2019).

Menurut Agus Noor, dari potongan-potongan syair tersebut ia menyusunnya menjadi dialog, babak, dan naskah utuh. Dari buku-buku puisi yang dibacanya terpilihlah 26 nama penyair secara acak.

"Dari yang sudah almarhum sampai yang muda seperti Aan Mansyur. Saya menyusun bagian struktur ceritanya dari pembukaan. 'Cinta Tak Pernah Sederhana' itu gimana dunia tercipta lalu melahirkan manusia bernama Adam dan Hawa sampai mereka turun ke bumi dan terpisah," ujar Agus Noor.




Ada penggalan puisi karya Chairil Anwar, Amir Hamzah, Sapardi Djoko Damono, Djoko Pinurbo, Soebagio Sastrawardoyo, Goenawan Mohammad, sampai Aan Mansyur.

Konser musikal puisi-puisi cinta menggambarkan awal mula penciptaan yang asal muasalnya adalah kata. Lalu muncul manusia pertama di dunia yang memahami bahasa. Manusia pertama itu adalah orang yang memahami bahasa dan ia adalah penyair pertama di surga.

Kemudian ia mengenal cinta, ia kesepian tanpa cinta. Muncullah perempuan, sang kekasih dan keduanya pun menjadi kekasih pertama di surga. Mereka ingin mencintai sederhana tapi cinta memang tak pernah sederhana sampai kekasih tersebut turun ke dunia.

Ratusan Syair dari 26 Penyair Jadi Naskah Konser Musikal Puisi-puisi CintaFoto: Tia Agnes
Produser Happy Salma juga menambahkan ketika bersama Agus Noor membuat 'Perempuan-perempuan Chairil' dan mengutip puisi Chairul Anwar, keduanya mulai muncul gagasan baru.

"Banyak banget puisi Indonesia yang saya suka tapi saya nggak suka yang seperti deklamasi. Mungkin nggak sih puisi-puisi ini menjadi cerita. Tidak berapa lama, kita menggabungkannya jadi puisi cinta terbaik di Indonesia dengan pemain terbaik yang ada. Pertunjukan tidak akan seperti orang membaca puisi tapi bakal jadi dialog," pungkasnya.

'Cinta Tak Pernah Sederhana' menampilkan Reza Rahadian, Marsha Timothy, Chelsea Islan, Atiqah Hasiholan, Sita Nursanti, Teuku Rifnu Wikana, dan Butet Kartaredjasa. Ada juga penyanyi Srutu Resoati, Heny Janawati, Daniel Christianto hingga pemain harpa Indonesia Wawan Sofwan.
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com