detikHot

art

Bukti Ini Kuatkan 'Mona Lisa' Telanjang Dilukis Leonardo da Vinci

Rabu, 06 Mar 2019 16:20 WIB Tia Agnes - detikHot
Bukti Ini Kuatkan Mona Lisa Telanjang Dilukis Leonardo da Vinci Foto: Getty Images Bukti Ini Kuatkan 'Mona Lisa' Telanjang Dilukis Leonardo da Vinci Foto: Getty Images
Jakarta - Sebuah lukisan mirip dengan wajah 'Mona Lisa' namun dalam versi telanjang ditemukan di Prancis. Lukisan tersebut diduga dilukis oleh Leonardo da Vinci yang juga melukis mahakarya 'Mona Lisa'.

Para ahli seni meneliti lukisan tersebut selama beberapa bulan. Mulai dari pemeriksaan mikroskopis dari kiri atas ke kanan bawah sampai bukti-bukti lainnya.

Sepanjang sejarah da Vinci dikenal sebagai pelukis kidal dan meninggal di Prancis pada 1519 silam. Pakar konservasi Museum Louvre Paris Bruno Mottin sebelumnya juga mengkonfirmasi lukisannya memang dilukis semasa dia hidup.


Bukti Ini Kuatkan 'Mona Lisa' Telanjang Dilukis Leonardo da VinciBukti Ini Kuatkan 'Mona Lisa' Telanjang Dilukis Leonardo da Vinci Foto: Istimewa


"Sejak saat itu kami telah menemukan banyak elemen baru. Ada banyak tanda orang kidal di mana-mana dan pelukisnya menggunakan arang," ujarnya dilansir dari berbagai sumber, Rabu (6/3/2019).

Dari hasil penelitian juga terungkap, sang pelukis menggunakan teknik 'sfumato' yang dicintai da Vinci. Namun, ia tetap mengatakan para ahli harus tetap berhati-hati.

"Kami masih meneliti secara ilmiah lukisan ini. Kualitas gambar baik dengan mata telanjang dan analisis pencitraan, ini menunjukkan karya tangan yang luar biasa," pungkasnya.




(tia/nkn)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed