detikHot

art

Ditemukan Lukisan 'Mona Lisa' Versi Telanjang, Digambar Leonardo da Vinci?

Rabu, 06 Mar 2019 15:45 WIB Tia Agnes - detikHot
Ditemukan Lukisan Mona Lisa Versi Telanjang, Digambar Leonardo da Vinci? Foto: Getty Images Ditemukan Lukisan 'Mona Lisa' Versi Telanjang, Digambar Leonardo da Vinci? Foto: Getty Images
Jakarta - Tahun ini menjadi momen perayaan 500 tahun Leonardo da Vinci. Sebuah lukisan mirip dengan 'Mona Lisa' namun dengan versi telanjang ditemukan di Prancis.

Menurut para ahli di Louvre Paris, lukisan 'Mona Lisa' versi telanjang kemungkinannya digambar oleh Leonardo da Vinci. Serta dilukis di studionya.

Lukisannya dikenal dengan sebutan 'Monna Vanna'. Di dalam lukisan ada gambar perempuan setengah telanjang dan wajahnya mirip dengan 'Mona Lisa' yang dikenal pada umumnya.



"Ada kemungkinan sangat kuat bahwa Leonardo melukis sebagian besar gambarnya," ujar seorang kurator museum Paris, Mathieu Deldicque dilansir dari berbagai sumber.

Ditemukan Lukisan 'Mona Lisa' Versi Telanjang, Digambar Leonardo da Vinci?Ditemukan Lukisan 'Mona Lisa' Versi Telanjang, Digambar Leonardo da Vinci? Foto: Istimewa


"Ini adalah karya berkualitas yang hebat dan dilakukan oleh seniman yang hebat," tambahnya.

Dia melakukan penyelidikan selama beberapa bulan bersama sejarawan seni dan spesialis lainnya di laboratorium C2RMF di Museum Louvre. Selama ini lukisannya berada di Cone Museum dan milik salah satu keluarga bangsawan tertua di Prancis.

"Tangan dan tubuhnya identik dengan lukisan 'Mona Lisa' yang menjadi mahakarya Leonardo da Vinci yang saat ini menggantung di Louvre," pungkasnya.


(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com